Syarat Masih Bisa Dinego, Relaksasi PPnBM 0 Persen Jadi Permanen

Harryt MR - Selasa, 4 Januari 2022 | 21:00 WIB

Menperin janjikan PPnBM 0 persen bakal diperpanjang secara permanen (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Insentif PPnBM efektif mendorong penjualan mobil domestik sepanjang Januari-November 2021 mencapai 761 ribu unit, atau berangsur pulih sebesar 81% dibandingkan periode sebelumnya di masa sebelum pandemi 2019.

Bahkan telah melampaui target penjualan 2021 yang ditetapkan tahun ini sebesar 750 ribu unit.

Oleh karenanya, insentif PPnBM 0% yang akan diperpanjang secara permanen bukan semata-mata hanya untuk menggenjot penjualan mobil.

Namun bertujuan penting untuk tetap mempertahankan momentum pemulihan ekonomi di tahun 2022, yang diakselerasi oleh industri otomotif.

Terlebih potensi industri otomotif saat ini, telah didukung oleh 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih, dengan total nilai investasi telah mencapai Rp71,35 triliun.

Serta memiliki kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun, lalu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang.

Relaksasi PPnBm 0% juga menyelamatkan nasib 1,5 juta orang lebih yang bekerja di sepanjang rantai nilai di sektor industri otomotif.

Baca Juga: Semua Puas, Produksi Mobil Lampaui Target, PPnBM Diperpanjang Permanen

Di samping itu, Indonesia merupakan pasar terbesar produk otomotif di ASEAN. Hal ini menjadi peluang bagi pengembangan dan industrialisasi kendaraan bermotor.

Termasuk pengembangan mobil hemat energi dan ramah lingkungan sesuai dengan tren global yang sedang berkembang.