Industri Otomotif Sukses Dongkrak Pemulihan Ekonomi, Berkat Relaksasi PPnBM

Harryt MR - Kamis, 14 Oktober 2021 | 19:35 WIB
Potensi pengembangan industri otomotif Indonesia menjadi pasar terbesar kendaraan bermotor di ASEAN dari sekitar sembilan negara, dengan kontribusi 32 persen
Dok.OTOMOTIF
Potensi pengembangan industri otomotif Indonesia menjadi pasar terbesar kendaraan bermotor di ASEAN dari sekitar sembilan negara, dengan kontribusi 32 persen

Otomotifnet.com - Berdasarkan kajian Kementerian Keuangan, dampak positif pemberian insentif PPnBM 100% sangat membantu meningkatkan penjualan ritel mobil.

Pada Januari-Juli, penjualan mobil tumbuh 38,5% dari periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan permintaan juga mendorong kenaikan dari sisi produksi yang melonjak 49,4%.

Hal ini disampaikan oleh Febrio Kacaribu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Ia pun menambahkan, sebagian besar hasil produksi domestik juga diekspor.

Yakni dalam bentuk utuh (CKD/Completely Knock Down). Tumbuh 169,7% pada periode yang sama.

Kinerja tersebut berhasil mendorong pertumbuhan PDB sektor industri, yang tumbuh 45,7% secara yoy (year on year) pada kuartal II 2021.

Begitupun sektor alat angkutan yang tumbuh 37,9%. "Meskipun industri kendaraan bermotor sudah berangsur pulih, tetapi tingkat produksi pada kuartal II 2021 masih belum kembali ke level pra-pandemi,”

Baca Juga: Begini Skema Pungutan Pajak Karbon, Tak Lagi Soal Bentuk Bodi Mobil

“Oleh sebab itu, dukungan insentif diskon PPnBM diperpanjang," ungkap Febrio.

MOMENTUM PEMULIHAN EKONOMI

Dukungan insentif diskon PPnBM 100% yang diperpanjang hingga tutup kalender 2021, diharapkan dapat dioptimalkan sebagai momentum pemulihan ekonomi pasca gelombang varian Delta merebak.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa