Bisa Bobo di Jalan, Ratusan Bus Siap Antar Pemudik, Enggak Perlu Bayar Tiket

Ferdian - Minggu, 10 April 2022 | 17:50 WIB

Ilustrasi Pembukaan Mudik Gratis (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Bisa buru-buru ketemu keluarga di kampung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelar program mudik gratis Lebaran 2022.

Program ini bisa dilaksanakan karena kondisi pandemi Covid-19 yang sudah semakin membaik.

Ditambah, Pemerintah Pusat juga sudah melonggarkan aturan mudik Lebaran 2022.

Untuk itu Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan sebanyak 292 unit bus untuk mengangkut para pemudik saat momen mudik Lebaran 2022.

Kemudian ditambah lagi ada 200 unit bus yang dikerahkan untuk arus balik nanti.

Selain armada bus, Dishub DKI Jakarta juga menyediakan sebanyak 22 truk pada arus mudik dan 9 truk saat arus balik untuk mengangkut motor para pemudik.

"Sekarang kami sedang dalam tahap pemilihan penyedia barang dan jasa, yang pertama operator baru kemudian truk pengangkut sepeda motor," jelas Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (6/4/2022).

Lebih lanjut, Pemprov DKI juga sedang menyusun persyaratan untuk pemudik yang selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat.

Terlebih lokasi dan hari keberangkatannya juga belum ditentukan karena masih dalam proses koordinasi.

"Masih kami koordinasikan terkait titik keberangkatannya apakan di terminal atau di titik lain, begitu juga hari keberangkatan dan penjemputannya," papar Syafrin.

Perlu diketahui, Pemerintah Pusat sudah menetapkan 4 hari cuti bersama Lebaran 2022 yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik.

Tanggal cuti bersama jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga: Kegoda Bejek Gas Saat Mudik Bikin Nangis, E-Tilang di Tol Enggak Ada Liburnya

Sumber: https://www.tribunnews.com/metropolitan/2022/04/06/pemprov-dki-siap-antar-warga-pulang-kampung-gratis-sediakan-ratusan-bus-hingga-motor-diangkut-truk