Lokasi Tol Yogyakarta-Bawen Sudah Terbit, Ini 4 Kabupaten dan Kota Yang Dilalui

Ferdian - Jumat, 17 Juni 2022 | 21:00 WIB

ilustrasi ruas tol Yogyakarta-Bawen (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Penetapan lokasi (penlok) pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akhirnya diterbitkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Setda) Jateng Peni Rahayu mengungkapkan, konstruksi infrastruktur tersebut akan melewati empat kabupaten/kota di Jateng.

Hal ini ia sampaikan ketika mengisi Webinar Series 2: Konektivitas dan Peran Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi untuk menggantikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (15/6/2022).

"Kemudian, untuk (Tol) Jogja-Bawen atau Bawen-Jogja ini juga telah kami keluarkan, empat kabupaten/kota yang terlewati," jelasnya.

Peni mengungkapkan, saat ini tengah berproses untuk pengadaan tanah infrastruktur konektivitas tersebut.

Mengutip laman Pemprov Jateng, Tol Yogya-Bawen akan dimulai dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, hingga Kabupaten Semarang.

Ini diterbitkan melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 590/12 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Temanggung dan Kota Magelang.

Kemudian, Kepgub Nomor 590/14 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Semarang.

Selain itu, Kepgub Nomor 590/13 Tahun 2022 tentang Penetapan Lokasi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Kabupaten Magelang.

Tol Yogyakarta-Bawen ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun dengan masa konsensi 40 tahun.