Biar Paham, Modus Kejahatan Ini Rawan Terjadi di Bisnis Rental Mobil

Ferdian - Senin, 10 Juni 2024 | 17:00 WIB

Ilustrasi bisnis rental mobil (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Bisnis rental mobil jadi omongan setelah ada kejadian viral di Pati.

Yang mana dikabarkan seorang pemilik rental mobil yang tewas di Pati, Jawa Tengah, usai diamuk massa saat akan mengambil kembali mobil sewaannya.

Kisnanto Hadi Pribowo, Management Sembodo Rent Car, mengakui bahwa penggelapan mobil dalam usaha rental bukanlah hal yang baru.

“Hal ini sering dialami oleh pengusaha rental baik di DKI dan di daerah-daerah lain,” ujar Bowo disitat dari Kompas.com (9/6/2024).

Menurut Bowo, pelakunya biasanya menyewa mobil, lalu menggadaikan mobil tersebut dengan dokumen seadanya (STNK) kepada pihak lain.

“Lalu setelah mobil berhasil digadaikan, penyewa biasanya sudah sulit untuk komunikasi atau bahkan kontaknya sudah tidak bisa dihubungi,” ucap Bowo.

Dari kasus ini sebenarnya ada beberapa hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran.

Salah satunya, bahwa untuk menyelesaikan kasus serupa sebaiknya melibatkan pihak penegak hukum dan juga mengambil tindakan sesuai dengan prosedur.

“Terkait cara mencegahnya, mungkin dari perusahaan rental punya SOP-nya masing-masing. Untuk di perusahaan kami, calon penyewa baik itu perorangan atau perusahaan diminta untuk melengkapi dokumen legal atau data diri yang diperlukan,” kata Bowo.

“Lalu ketika dokumen dinyatakan sesuai, proses dilanjutkan untuk survei tempat tinggal atau kantor. Dokumen dan hasil survei yang ada kemudian akan dianalisa lebih lanjut. Dari proses tersebut, kami menilai cukup bisa mengurangi potensi kejadian serupa,” ujarnya.