Bukan Pakai Keong, Ini Cara Kerja Turbo di Yamaha NMAX Turbo

Panji Nugraha - Rabu, 12 Juni 2024 | 21:40 WIB

Yamaha NMAX Turbo (Panji Nugraha - )

Otomotifnet.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan Yamaha NMAX terbaru hari ini (12/06/2024).

Ada beberapa pilihan varian di Yamaha NMAX terbaru ini, yaitu NMAX Neo, NMAX Neo S, NMAX Turbo, NMAX Turbo Techmax dan NMAX Turbo Tech Max Ultimate sebagai edisi spesial.

Dari pilihan varian Yamaha NMAX 2024 ini, tentunya varian Yamaha NMAX Turbo yang jadi banyak perbincangan di kalangan bikers saat ini.

Namun setelah launching, ternyata turbo yang disematkan di Yamaha NMAX Turbo ini bukan komponen keong seperti turbo pada umumnya.

Secara basis mesin, menggunakan mesin generasi ketiga yaitu mesin New Yamaha Lexi yaitu 155 cc VVA Blue Core.

"Pada Yamaha NMAX Turbo ini, pada bagian CVT sudah menggunakan teknologi YECVT (Yamaha Electric CVT), yang menggantikan kerja komponen CVT konvensional,"

Panji Nugraha/Otomotifnet
Teknologi YECVT menggantikan pully konvensional dengan teknologi elektrik

"Dengan menggunakan teknologi ini, akan memberikan sensasi seperti menggunakan turbo," papar Antonius Widianto, Deputy General Manager Marketing Communication PT YIMM.

Tentu saja jadi penasaran gimana cara kerja turbo yang dimaksud oleh Yamaha tersebut!

Rahasianya terdapat dari penyempurnaan CVT di NMAX Turbo, bila di NMAX sebelumnya menggunakan roller pada pully primer untuk mengatur naik turunnya v-belt, sekarang digantikan oleh komponen electric yang diberi nama YECVT.