Industri Otomotif Serampak Pakai AI, Peluang Raup 366 Miliar USD

Harryt MR - Selasa, 16 Juli 2024 | 20:00 WIB

Teknologi Artificial Intelligence (AI) rupanya telah serempak dipakai oleh industri otomotif (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Terobosan teknologi Artificial Intelligence (AI) rupanya telah serempak dipakai oleh industri otomotif.

Hal ini diungkap oleh Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (WANTRII).

Yakni jelang perhelatan Industrial Transformation Asia-Pacific (ITAP), yang digelar di Singapore Expo pada 14-16 Oktober 2024.

Ketua WANTRII, Fadli Hamsani mengatakan manfaat penggunaan AI untuk manajerial production planning operasi industri otomotif. 

“Lalu manfaat kedua untuk quality improvement di industri otomotif. Di Indonesia, khususnya di OEM besar sudah diimplementasikan,” urai Fadli dalam seminar jelang ITAP 2024.

Apalagi menurutnya, sekarang di perusahaan-perusahaan otomotif khususnya di Indonesia, beramai-ramai mengadopsi teknologi AI.

“AI diintegrasikan tidak hanya kebutuhan di vertikal industrinya (pabrik), tapi juga AI digunakan di tier 1 dan tier 2 mereka,” 

“(Yakni) kebutuhan di supply chain, logistik, planning production, quality improvement. Hampir di sebagian besar OEM otomotif sudah menggunakan AI,” beber Fadli.

Penggunaan AI juga diproyeksikan akan memberikan kontribusi yang signifikan, yaitu sebesar 366 miliar dolar AS bagi perekonomian Indonesia dalam satu dekade ke depan.

Baca Juga: Gawat, Penjualan Mobil Stagnan 1 Juta, Kemenperin Usulkan Insentif