Ketika Pengusaha Oli Berkumpul, Bakal Makin Licin Cari Peluang Baru

Harryt MR - Selasa, 3 September 2024 | 10:08 WIB

Produsen, distributor, dan importir pelumas harus mulai mencari peluang dan alternatif bagi usahanya (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Perhimpunan Distributor, Importir dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) berkumpul dengan menggelar seminar bertajuk Indonesia Market & Consumer Trends Toward 2030.

Intisari dari seminar tersebut adalah, industri otomotif telah bergerak cepat ke arah global sustainability, yaitu sumber energi baru terutama electric vehicle. 

Tentunya ini akan berdampak pada jumlah kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) yang memakai berbagai macam pelumas dan cairan. 

Produsen, distributor, dan importir pelumas harus mulai mencari peluang dan alternatif bagi usahanya agar makin licin dengan memanfaatkan potensi pasar baru.

Meski begitu, ke depan bakal ada inovasi teknologi ICE yang lebih efisien, tentu akan memberikan peluang baru di masa depan. 

Di Indonesia, walau pemerintah memasang target penjualan EV yang aggressive, namun infrastruktur EV masih rendah dan membutuhkan waktu lebih panjang. 

Oleh karenanya, perkembangan EV dinilai masih akan terbatas. Namun tak boleh terlena, terobosan dan kolaborasi mutlak dilakukan.

Sementara itu, Perdippi melihat peluang di sektor industri yang tetap akan membutuhkan pelumas.

Baca Juga: Telat Ganti Oli Bisa Bikin Boncos, Ini Tips Pilih Oli Dari ENEOS

Termasuk di era elektrifikasi, diharapkan masih terbuka peluang untuk produk-produk substitusi pelumas.