Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Cara Kerja dan Komponen Variable Valve Actuation di Yamaha NMAX 150

Dimas Pradopo - Kamis, 12 Februari 2015 | 17:42 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Ini fitur andalan Yamaha NMAX 150, Variable Valve Actuation atau lebih mudah disebut dengan istilah VVA. Prinsip kerjanya mirip VTEC di mobil Honda. Penasaran cara kerja dan komponennya? Baca terus ya!

Sesuai namanya, VVA adalah inovasi Yamaha untuk memberikan pilihan bukaan klep, tujuannya tentu untuk meningkatkan suplai bahan bakar dari putaran mesin rendah sampai tinggi. Dengan VVA, durasi juga lift noken as atau kem bisa berubah sesuai putaran mesin.

No caption
No credit
No caption

SOHC dengan 3 profil kem. Kem in dilayani dua rocker arm

"Tujuannya untuk mendapatkan performa yang baik di semua putaran mesin. Dengan satu profil kem, biasanya akan ada yang dikorbankan. Kalau bawahnya enak atasnya kurang bertenaga, begitu juga sebaliknya. Dengan VVA yang memiliki dua profil kem, atas-bawah selalu bertenaga," yakin M Abidin, GM Sales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Secara umum, buka tutup 4 klep di kepala silinder Yamaha MAX 150 diatur oleh satu noken as atau Single Overhead Camshaft (SOHC) namun memiliki 3 bumbungan atau profil. Dua klep masuk dikawal dua profil kem, sedang klep buangnya tetap satu profil kem dengan rocker arm bercabang mirip Yamaha V-Ixion.

No caption
No credit
No caption

Solenoid actuator bekerja pada 6.000 rpm dan 5.500 rpm saat deselerasi

Kita fokus di klep masuk karena di sinilah kunci VVT. Dua profil kem ini memiliki fungsi yang berbeda. Pada putaran mesin rendah profil kem low akan bekerja menggerakan klep. Kem yang pertama ini akan membuka pada 16 derajat sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup di 35 derajat setelah titik mati bawah (TMB).

Mencapai putaran mesin 6.000 rpm, ECU akan memerintahkan perangkat solenoid actuator yang berada di cover kepala silinder untuk mendorong pin. Pin ini akan mengaktifkan kem high dengan profil lebih tinggi.

No caption
No credit
No caption

Ini posisi solenoid actuator di kepala silinder

Secara spesifikasi, kem kedua ini memiliki waktu membuka lebih cepat dan menutup lebih lama sehingga durasinya lebih besar dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.

Kem ini membuka pada 27 derajat sebelum TMA dan menutup di 61 derajat setelah TMB sehingga durasinya 268 derajat. Sedang kem low atau kem pertama durasinya hanya 231 derajat.

"Dalam kondisi bekerja, kedua rocker arm dan klep sebenarnya terus bergerak. Bukan berarti yang saat putaran tertentu salah satunya diam. Tapi, karena perbedaan ketinggian kem, profil kem high lebih tinggi, maka akan langsung berfungsi setelah pin yang diatur ECU dan solenoid actuator menonjok rocker arm kedua," jelas Dirdhana, Education and Publication Manager PT YIMM.


Empat klep SOHC dengan VVA, sempurna untuk skutik berperforma!

Sedang pada saat putaran mesin turun, kem high baru akan berpindah ke kem low di putaran mesin 5.500 rpm.Dengan konstruksi seperti ini, respon di putaran mesin bawah akan sangat baik. Di putaran menengah atas, dengan profil kem yang didesain mampu membuat klep membuka lebih lama maka tenaga atasnya seperti enggak habis-habis.

"VVA pada Yamaha MAX 150 ini adalah yang pertama diaplikasi di dunia," yakin Takehiko Gotanda, Chief Engine Project NMAX 150 dan Yamaha Motor Corporation (YMC). Tentunya sesuai dengan konsep NMAX 150 yang sproty dan menonjolkan performa! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa