Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Megapro Cafe Racer Simpel Elegan ala Siswa SMK

Dimas Pradopo - Selasa, 2 September 2014 | 12:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Solo - Mada Saputra adalah siswa kelas 3 jurusan permesinan pada sebuah SMK di Solo. Namun tak seperti siswa SMK pada umunnya yang doyan modifikasi dengan motor-motor sport lansiran sekarang, doi malah lebih suka ngemodifikasi Honda Megapro lansiran 2005.

Tak tanggung-tanggung pula, style modif yang dipilih malah ngerujuk motor balap jadul, yakni cafe racer. Alasannya. "Ttampil ala cafe racer buat saya lebih terkesan retro dan akan apik bila basicnya motor keluaran 2000-an, " yakin warga Bangunharjo, Jebres, Solo.

Namun demikian, walaupun sangat ingin memodifikasi, olahan modif tak digarapnya seorang diri. Siswa kelas 3 jurusan permesinan tersebut menggandeng Ondho Custom Garage yang buka bengkel modif motor di dekat kampus UMS Solo.

Bila mau diamati lebih jauh. Sejatinya olahan modif yang hadir pada Megapro tersebut lebih kedepankan unsur minimalis dari sebuah konsep cafe racer. Ini juga yang diinginkan Mada.

Makanya tampak simpel. Ubahan sasis  pun tak ekstrem. Hanya di buritan. Pipa besi U dibuat sebagai dudukan jok. Oh ya joknya juga tak manfaatkan hornet dari plat atau fiber ala buntut tawon. Namun memanfaatkan busa jok yang dibuat ala hornet. Kayaknya sih supaya masih bisa boncengin pacar nih.


Lantas tak ada rona striping di tangki, panel bodi. Lebih ke polos namun ngeblink. Ini terlihat dari tutup bak kopling kanan dan panel luar rumah magnet yang disiram krom. Pun tromol depan belakang. Kesannya malah tampilkan segi elegan.Intip pula komponen standar motor banyak yang masih teraplikasi. Misalnya sokrbreker depan serta buritan masih setia memasang komponen aslinya.

Eitz hampir lupa, stang pun cuma dibalik. Kata Mada itu pakai stang Yamaha Fino. Cukup membuat style riding merunduk.

Akhirnya kalau mau dibilang cafe racer simpel, boleh kan? (motor.otomotifnet.com)

Data modifikasi:

Ban    :Swallow 3.50-17 (depan-belakang)
Pelek :17x1.85, 17x2.50
Tangki :Suzuki GT185
Knalpot :custom
Panel tutup aki :plat
Knalpot :variasi
Stang :Yamaha Fino
Bengkel :Ondho Garage


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa