Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio, Chopper Bobber Dari Internet

Dimas Pradopo - Selasa, 18 Maret 2014 | 13:18 WIB
Yamaha Scorpio Chopper Bobber Surabaya
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio Chopper Bobber Surabaya


 
Edwin, pria yang bukan artis ini sangat ingin memodifikasi Yamaha Scorpio miliknya. Pasalnya di kota tempat dia tinggal, terbilang jarang yang modif bergaya klasik. Selain unik juga menjadi daya tarik saat melakukan jalan-jalan sore di tempat tinggalnya.

“Di SBY alias Surabaya masih sangat jarang yang modif gaya ini. Konsepnya cari-cari dari internet, lalu saya pengin banget bikin versi lokalnya,” ungkap pria yang menetap di kota Pahlawan.

Yamaha Scorpio Chopper Bobber Surabaya
Dok. Otomotifnet
Mendapat info modifikasi, maka dikerjakan oleh Suryo Midjil, owner Bintang Custom (BC) di Jl. Cipinang Pulo, No.1, Cipinang, Jaktim. Konsep dipilih bergaya chopper bobber. Tunggangan tahun 2005 ini cukup banyak perubahannya. Semua komponen dibuat sendiri alias handmade builder BC dan hanya mesin yang orisinal.

"Meski diberikan konsep dan gambar yang diinginkan, tapi bentuknya gak seratus persen sama persis. Namun, desain dan warna motif bisa disesuaikan," tutur Suryo. Lanjut pembuatan rangka, agar mesin 225 cc itu bisa duduk manis sehingga gir depan belakang bisa dilalui oleh rantai enggak miring.
 
Materialnya pipa bulat tebalnya 3 mm berdiameter sekitar 1,79 cm dibuat rigid. Untuk sok depan model springer dibentuk berbeda dari yang sudah ada. Peranti itu memakai single sok dari Yamaha Force 1.

Pelek depan merek TK ukuran 3.50x17 ditemani ban Duro 130/60-17. Belakangnya dari rims mobil Mercy ukuran 6,5 inci dijejalkan ban Shinko 190/50-17. Wah, kaki-kaki jadi terlihat makin padat dan berisi. Kekar, bro!

Yamaha Scorpio Chopper Bobber Surabaya
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio Chopper Bobber Surabaya
Dibantu Dito, mekanik BC, penampung bahan bakar aslinya sudah di non-aktifkan, gantinya pelat galvanis. “Untuk ruang kelistrikan berada di satu tempat yang berbentuk kotak. Selain itu, biar gak terlihat kosong di bawah jok,” tunjuknya. Alhasil, pengerjaan selesai sekitar 2 bulan dan cukup memuaskan hati sang klien BC, yang sebelumnya di foto motor dan dikirim melalui smartphone. Tring!

Muantaab, rek! (motor.otomotifnet.com)

Data modifikasi :
Pelek depan-belakang : TK, 3.50x17 & Pelek Mercy, 6,5 incix17
Ban depan-belakang : Duro, 130/60-17 & Shinko, 190/50-17
Sok depan-belakang : Custom springer & Rigid 
Cakram depan : Scorpio
Bodi n rangka : Full custom
Jok : Custom spring
Cat : Cardiac, pernis monac
Knalpot : Custom
Tangki : Custom pelat galvanis
Handgrip : Handgrip klasik
Setang : Yamaha Byson
Rpm : Aftermarket
Spidometer : Aftermarket
Bintang Custom (BC) : 0856-84052925


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa