Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha RX-Z, Ajang Pembuktian!

billy - Selasa, 3 September 2013 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Karena dianggap hanya bisa membuat pacuan modifikasi fashion, Dana Prasetya gerah! Builder yang bermarkas di Jombang, Jawa Timur ini langsung melirik Yamaha RX-Z yang nongkrong di garasi rumah-nya buat dijadikan pacuan adventure dan kompetisi off-road.

“Saya modifikator yang mengutamakan safety dan kenyamanan. Jadi, harus bisa membuat motor yang layak sebagai kompetisi atau adventure nih,” celetuk owner GDZH Custom Cycle itu.

Buat project ini, RX-Z mesti dibuatkan rangka terlebih dahulu. Itu agar hasilnya bisa maksimal. “Rangka dirombak total, menyisakan nomor rangka dan engine mounting. Untuk model serta geometri, meniru KTM 85,” beber Gondezh, panggilan lain Dana.


Mengganti rangka, harus pakai ukuran yang tepat supaya motor terlihat presisi dan enak dilihat. Untuk itu, Dana memakai skala 1 : 1.

“Pipa main frame pakai tipe tube (seamless). Sedangkan untuk sub frame, pakai pipa kotak 1 x 1 inci. Ini dimensinya pas, enggak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga,” bangganya.

Selain rangka, tantangan terbesarnya justru ada di pemasangan kaki-kaki yang campur aduk. Sebab part yang dipakai bukan satu merek part. Seperti swing arm dan sok belakang contohnya.

“Supaya swing arm milik Yamaha YZ 85 bisa dipasangkan dengan sok Kawasaki KX 85, mesti menggeser mesin ke kiri sekitar 1 cm. Jika tidak, roda belakang enggak akan lurus dengan roda depan,” urai pria yang markasnya di Jl. Gubernur Suryo IVB/17, Jombang. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Maxxis 90/90-19
Ban belakang : Pirelli 100/90-16
Knalpot : custom by Tahir
Karburator: PE 28
GDZH Custom Cycle : 0856-5599-9061
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa