Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CRF250R Juara Nasional Motocross, Support Karakter Agresif

billy - Minggu, 23 Desember 2012 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Agi Agassi akhirnya Juara Nasional MX2 musim ini. Andalan tim Dumasari INK SSR Honda PF-One Orca (DISHPO), Jakarta ini jadi juara baru untuk MX2 yang tahun sebelumnya disebut SE 125 Grade A. Dibalik kampiunnya Agi, karakter menekuk Honda CRF250R harus didukung seting ulang tungganannya.

No caption
No credit
No caption
Agi dikenal punya cara ngegas SE 250 cc agresif. Dia jarang banget mau bermain halus sejak lap awal sampai bendera finish dikibarkan.

“Bener. Sebelum seri II, saya ngerasa motor bawaan standar kurang galak. Agak telat setelah gas dibuka spontan,” kata Agi yang tercatat sebagai crosser 16 tahun yang sudah bisa meraih titel Juara Nasional Grade A.

Karena itulah, di putaran ke-2 Kejurnas Motocross 2012, ada seting ulang yang dilakukan supaya bisa mengikuti gaya Agi.

“Mapping ulang ECU dengan software khusus dari Honda,” beber Wisnu Dewantoro, tunner tim DISHPO, yang juga pemilik speed shop WAR Auto Race, Malang.

Bagusnya tim DISHPO punya akses langsung untuk mendapatkan software Honda Racing Corporation (HRC), Jepang, untuk ECU CRF250R. “Langsung bisa dimapping ulang. Cocok softwarenya,” ujar War, panggilan akrab Wisnu Dewantoro.

Supaya gasingan mesin maksimal, rpm diset ulang. “Saya bikin jadi 13.900 rpm. Standarnya maksimal 13.500 rpm,” kata War yang juga mahir menset mesin mobil untuk drag race.

Selain menaikan rpm, kompresi dan waktu pengapian diubah. Kompresi di-tinggikan dan timing pengapian jadi bikin cepat. “Motor jadi enak waktu keluar tikungan dan start,” kata Agi yang juga disupport Fox, produk x-treme sport dari Amrik.

Karakter agresif yang bisa didukung dengan mesin. Juara jadi buktinya!


Tegang Karena Baut Slek
Agi Agassi dalam meraih Juara Nasional MX Nasional musim ini bikin tegang para crew dan kepala mekanik Dumasari INK SSR Honda PF-One Orca (DISHPO). Masuk Moto2 di seri terakhir, dicek baut pembuangan olinya mulai slek.

Resikonya saat balapan mesin akan ambruk karena pelumas mendadak bocor keluar. “Akhirnya, lolos juga dari masalah. Ini pertaruhan karena tim belum pernah meraih Juara Nasional Grade A,” beber Wisnu Dewantoro, tunner tim DISHPO. “Saya enggak tahu lho sebelum selesai balapan dan memastikan poin naik jadi Juara Nasional,” tutup Agi. (motorplus-online.com)

DATA pembalap
Nama lengkap: Agi Agassi
Nama panggilan: Agi
Tempat/tanggal lahir: Bogor, 6 September 1994
Alamat rumah: Jl. Villa Pancawati 2, No.1 Ciawi, Bogor
Mulai balapan: April, 2005
Pembalap idola: Ryan Vilopoto

Prestasi:
2007 Juara Nasional SE 85
2008 Juara Nasional SE 85
2009 Juara Nasional SE 125 Grade B
2010 Juara Nasional Powercross SE 125 Grade A
2011 Posisi ke-3 Motocross Nasional
SE 125 Grade A Posisi ke-5 Powercross Nasional
SE 125 Grade A 2012 Juara Nasional Motocross MX2


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa