Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Fungsi Ragam Pelindung Motor

Otomotifnet - Jumat, 12 Juni 2015 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Perangkat yang menempel pada motor balap sah saja diaplikasikan pada motor harian asal sesuai peruntukannya. Karena kadang, si pemakainya pun tidak paham akan fungsinya peranti yang di pasangnya. Nah, biar enggak malah salah fungsi padahal sudah mengeluarkan uang, berikut peruntukkan beberapa komponen sederhana itu. • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

Engine Guard

"Dapat melindungi sisi kanan maupun kiri mesin motor kita pada saat terjatuh. Selain melindungi mesin, bisa berfungsi juga sebagai pelindung salah satu bagian tubuh kita dari tindihan motor. Dan yang hobi turing, bisa digunakan juga sebagai dudukan lampu tambahan. Pada umumnya, engine guard ini lebarnya hampir sama dengan ujung setang," jelas Nino Purnintyo, penunggang Honda Tiger tahun 2003.

No caption
No credit
No caption

Chain Guard

"Pada motor balap, peranti ini dipasang pada arm sisi kiri yang ada rantainya. Fungsinya untuk melindungi kaki kita agat tidak tersangkut atau terkena rantai apabila kita jatuh. Tidak ada salahnya diaplikasikan pada motor harian tapi hasilnya kurang maksimal karena pada motor harian jarang terjadi jatuh secara ekstrem  layaknya pada balapan," jelas Raymond Gunawan dari Paul's Motor di jalan Kartini Pasar Baru  Jakpus.

No caption
No credit
No caption

Frame Slider

"Peranti ini banyak ragam model dan bentuknya. Dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta dan berbeda pula bahan serta mutunya. Frame slider sebenarnya hanya sebagai pelindung bodi atau fairing kita pada saat terjatuh di parkiran, jadi bisa dibilang jatuh ringan. Kebanyakan, dipakai pada motor berjenis sport," jelas Heri Siswanto dari Empire Moto Shop, di Kebun Jeruk 3 Jakbar.

Hand Guard

Peranti ini biasanya dipasang pada ujung setang dengan memakai baut, fungsinya untuk melindungi jari kita apabila terjadi benturan dari arah depan. Dan juga, sekaligus melindungi grip gas tidak terputar dan handel rem tidak patah apabila kita terjatuh. Jangan pilih yang abal-abal, beli yang benar-benar melindungi seputaran telapak tangan.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa