Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Lampu LED di Headlamp, Lebih Irit dan Awet

Dimas Pradopo - Rabu, 9 Oktober 2013 | 14:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Perkembangan lampu headlamp pada kendaraan, termasuk motor sangatlah pesat. Jika sebelumnya kita hanya mengenal bohlam jenis halogen dan HID, kini ada lagi lampu LED.

Eits, memang beberapa tahun terakhir, LED sudah jamak dipakai pada motor, namun masih sebatas aksesoris atau lampu senja. Seiring teknologinya, kini LED sudah dapat diaplikasi pada headlamp motor sebagai alternatif pengganti. Dan berikut adalah sederet keunggulannya.

“Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan LED, diantaranya konsumsi daya yang kecil dan daya terang yang sudah melampaui halogen standar. Serta pemasangannya yang plug and play,” buka Wira dari Asia Jaya Motor di Jl. Raya Pondok Gede 23-24, Jakarta Timur.

Dari sisi konsumsi energi, LED terbilang kecil karena hanya butuh sekitar 15-20 watt untuk mencapai keterangan 1800 Lumens. “Coba bandingkan dengan halogen yang butuh 25-55 watt untuk memancarkan 1500 Lumens. Ini artinya LED lebh terang dan hemat ketimbang halogen. Sehingga penggunaannya tak akan mengorbankan konsumsi aki yang berlebihan,” urai Wira.


Sementara pemasangan yang plug and play, pria ramah ini menyatakan jika lampu LED tidak membutuhkan komponen tambahan seperti ballast atau terkadang merombak rumah diamond cut. “Penggantiannya sama seperti lampu halogen standar kok.”

Tak ketinggalan Feri Antonius, Marketing Gartner menimpali jika lampu LED juga lebih awet ketimbang HID atau halogen. “Dari usia pakai, LED tembus 10.000 jam. Bahkan produk kami mencapai 40.000 jam penggunaan. Sedangkan HID hanya sekitar 3.000 jam,” ungkapnya.

Toh demikian, Wira dan Feri menyatakan kelemahan LED adalah sebaran produknya yang belum seluas halogen, atau HID. Selain itu, sebagai produk anyar harga LED masih terbilang tinggi. “Baru ada tipe H4 dan H7 untuk motor-motor sport. Sementara matik dan bebek bisa memakai versi universal. Harganya memang masih di atas Rp 350 ribu,” tutup Wira. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa