Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Bikin Yamaha Byson Lebih Berotot

billy - Senin, 22 Juli 2013 | 08:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Nyoman Agus Hendra dan I Made Indra Deviansyah, termasuk pemilik Yamaha Byson yang kurang puas sama desain tangki asli. Terutama di area bagian depan tangki dengan rumah komstir yang jarak renggangnya terlalu jauh. Sehingga jika dilihat dari samping atau atas, terkesan tampak sangat kosong di bagian itu (Gbr. 1).

Adanya hal di itu, sebetulnya mereka berdua mau kasih masukan ke pabrikaan Yamaha atas kondisi tersebut. Cuma karena takut terlalu lama nunggu kabar balasan dan belum tentu disetujui. Mereka berdua rupanya sudah punya ide yang ternyata bisa disharing ke semua pemilik Yamaha Byson.

“Idenya cukup sederhana dan tentunya mudah diaplikasi. Sebab bagian yang kosong tadi diakali dengan membuat bodi kit tambahan berupa lempengan berbahan dasar serat fiber. Desainnya sangat mungkin variatif yang penting modelnya lebih maju ke depan dari tangki aslinya. Sehingga bentuk tangki tampak semakin padat jika kita lihat,” ujar Nyoman Agus Hendra yang tinggal di Denpasar, Bali.

Contoh bodi kit yang diterapkan Hendra. Bentuknya memang lebih lebar hingga ke area kanan-kiri tutup tangki, lalu menjorok ke bawah sampai dekat ke wilayah rumah komstir (Gbr. 2). Trus, biar kelihatan serasi dengan tangki asli berupa cover dari plastik khusus, bodi kit diikat pakai baut L ukuran kecil.

“Untungnya cover tangki Byson dari plastik dan bisa dilubangi buat dudukan mur-baut. Makanya saya jadi gak repot bikin dudukan baut dengan bantuan las macam di tangki dari pelat besi,” imbuh juara 1 Yamaha Cuzztomatic 5 Region Bali kelas Fashion Advance Non Matic.

Berbeda dengan garapan I Made Indra Deviansyah yang bikin bodi kit lebih ramping namun tetap tebal ke depan (Gbr. 3). Komponen ini juga diikat baut L kecil di bagian atas-bawah bagian depan cover tangki berbahan plastik khusus itu. Wajar saja jika ubahan ini jadi poin sendiri di kelas Inovation Produk Yamaha Cuzztomatic 5.

Wih…, jadi keren ternyata. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa