Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Handguard Yamaha X-Ride, Lindungi Tangan!

billy - Selasa, 25 Juni 2013 | 10:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Skutik terbaru Yamaha, yakni Yamaha X-Ride modelnya bisa dibilang out of the box. Bukan keluar dari kotak, tapi modelnya gak biasa bro. Bayangin aja skutik yang biasa dipakai wara-wiri buat beraktivitas, tapi yang ini bergaya layaknya motor off-road, makanya dibilang out of the box.

Bahkan peluncurannya di kaki gunung Merapi, Yogyakarta beberapa waktu lalu, sudah ada yang dilengkapi ban pacul dan beberapa aksesori pendukung garuk tanah lainnya. Selain itu bisa buat bergaya supermoto juga tuh. Terserah mau diubah bergaya seperti apa, yang pasti motor ini beda dari skutik biasanya.

No caption
No credit
No caption
(Gbr.1) Ujung setang Yamaha X-Ride cuma ditutup pakai balancer plastik kaya gini. Melepasnya tinggal ditarik pakai tangan aja.  (Gbr.2) Di dalam selongsong setang bagian atas terdapat seperti tonjolan dan menghalangi dudukan handguard, jadi handguard gak bisa langsung dipasang nih.

Kedua gaya modifikasi tersebut tentunya butuh aksesori tambahan untuk menguatkan tema motocross atau supermotonya, salah satunya dengan aplikasi handguard. Handguard sendiri berfungsi untuk melindungi tangan dan tuas rem dari benturan dan kerikil dari kendaraan di depan atau sabetan ranting saat menjelajah di hutan.

Pabrikan sendiri menawarkan handguard yang termasuk dalam kategori genuine aksesori seharga Rp 280 ribu. Tapi ada juga versi aftermarket-nya seperti produk dari Motor Kita (MK). Toko aksesori roda dua ini punya beberapa pilihan handguard, ada yang pakai lampu LED dan tanpa lampu. Harga keduanya beda tipis, dengan lampu LED Rp 220 ribu. Sedang tanpa lampu Rp 210 ribu.

(Gbr.3) Daripada setang yang diubah, mending dudukan handguard yang dipermak. Pada dudukan yang bersentuhan dengan tonjolan setang tadi sedikit digerinda supaya handguard bisa masuk. (Gbr.4) Tinggal pasang deh handguard-nya pakai kunci L6. Jangan lupa atur posisi handguard supaya gak menutupi lampu sein ya. Nah, sekarang jadi makin cocok deh bergaya motocross atau supermoto!

“Bahan dasar handguard dari babet dan antara besi dengan pelindungnya bisa dilepas,” papar Sugeng, owner MK. “Selain itu kalo di Yamaha X-Ride, handguard ini bisa berfungsi juga sebagai peredam getaran di setang, karena setang X-Ride hanya diberi balancer berupa plastik,” tambah Sugeng. Sementara untuk lampunya bisa difungsikan sebagai lampu sein atau lampu senja.

Karena handguard ini sifatnya universal, jadi ada beberapa ubahan yang harus dilakukan supaya bisa terpasang di Yamaha X-Ride. Yang pasti gak merusak motor dan bisa berfungsi maksimal. Oh iya, dipraktikkan pakai handguard yang tanpa lampu ya. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa