Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakai Mesin Baru, Ini Mesin Grand New Veloz 1.5

Selasa, 4 Agustus 2015 | 16:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Serupa tapi tak sama, kira-kira begitulah ketika OTOMOTIFNET membuka kap mesin Grand New Veloz 1.5 di salah satu dealer Toyota. Khusus model terbaru Grand New ini, Veloz terbagi dalam dua pilihan mesin, 1.3 liter dan 1.5 liter.

Kita coba mengintip yang bermesin 1.5 liter. Meskipun model sebelumnya juga tersedia Veloz 1.5, namun mesin yang digunakan berbeda. Veloz model lama mengusung tipe mesin 3SZ-FE VVT-i berkapasitas 1.495cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 104 dk dan torsinya 13,9 kgm.

Sedangkan mesin terbaru mengusung tipe 2NR-FE, Dual VVT-i berkapasitas 1.496cc. Mesin NR series ini sebenarnya bukan mesin baru. Sebelumnya, ini adalah mesin baru pertama Toyota yang dikembangkan selama lebih dari 8 tahun tanpa VVT-i, untuk mengurangi biaya produksi Toyota Etios dan kini digunakan untuk Toyota Avanza dengan Dual VVT-i.

Mesin ini bloknya terbuat dari alumunium dan memungkinkan saluran buang dikomputerize, karenanya disebut Dual VVT-i. Toyota membuat intake channel mesin ini lebih dinamis dengan permukaan yang lebih halus dan membulat agar aliran udara lebih lancar.

Piston juga dibuat lebih ringan dan menggunakan material carbon ceramide pada bodi piston dan dinding silindernya untuk mengurangi gesekan. Sebuah inovasi baru lainnya adalah integrasi dari exhaust manifold ke dalam kepala silinder untuk mengurangi emisi.

Dengan semua penyempurnaan tersebut, mesin baru ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 104 dk dan torsinya 139 nm. Tenaga yang dihasilkan masih sama, namun dengan efisiensi bahan bakar yang sepertinya lebih irit dan emisi gas buang lebih rendah.(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa