Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Grand Livina XV A/T Jawara SQ 30 Juta

billy - Minggu, 18 Desember 2011 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Kontes SQ (Sound Quality) bertajuk The 2nd JBL MS-8 Easy Tuning Contest, yang digelar PT Berkat Audio Perkasa Jaya (BAPJ), 3-4/Des lalu, menyisakan kesan cukup menarik di benak pesertanya. Bagaimana tidak, kelas SQ 30 juta yang selama ini menjadi kategori favorit di kalangan kontestan, rupanya bertabur mobil kompetisi garapan instalatur profesional.

Kelas favorit tadi juga dimanfaatkan Maslim Djanuanto, untuk membuktikan kepiawaiannya dalam men-setting sistem audio mobil terbaik di kelasnya. Meski begitu, instalatur profesional yang juga desainer produk Vox Research ini, tak lantas merasa di atas angin.

"Sebab baru kali ini lagi turun kontes pakai nama sendiri. Artinya tekanan yang dihadapi sangat berbeda, terutama untuk kemajuan saya pribadi sebagai seorang instalatur," ungkap instalatur Basis Audio di Meruya, Jakbar ini.

No caption
No credit
No caption

Terlebih lagi, kontes yang mensyaratkan memakai prosesor JBL MS-8 ini, tergolong berat. Lantaran juri di acara kedua kalinya itu dikenal pelit dalam memberikan poin penilaian. Pastinya aura kompetisi sangat panas, tak terkecuali di kelas SQ 30 juta yang diikuti Maslim.

Bermodal Nissan Grand Livina XV miliknya serta keahlian meramu setting-an, Maslim mengkombinasi peranti pendukung utama (MS-8) dengan produk bikinannya.

Instalasi untuk kabin depan mengandalkan sistem 3-way, pakai speaker Vox AMT-3 dengan boks midbass model kick panel. Salah satu kelebihan memakai desain placement seperti ini, menurut Maslim, dapat mengurangi efek getaran dari pelat dudukannya. Mengingat panel pintu mudah sekali bergetar, meski sudah dilapisi peredam. 

Sound yang dihasilkannya pun terdengar lebih mantap di kuping. Saat dilakukan tes dengar, suara gebukan dari snare drum terasa mengentak cukup kuat. Sampai-sampai getarannya terasa di trim pintu, kala volume di-boost mulai level 30 ke atas.

Komposisi suara vokal dan instrumen pendukungnya juga tertata rapi di atas dasbor. Pun begitu dengan layer (lapisan) nada yang dihasilkan, membuat imajinasi suara mudah tercipta di benak pendengarnya.


"Perangkat ini (MS-8) memiliki fitur time alignment (kesejajaran waktu rambat suara) dan equalizer setup yang bekerja secara otomatis. Sehingga memudahkan buat final tuning," yakin Maslim.

Bagaimana penilaian para juri? Andy Wehmeyer, juri SQ dari JBL Amrik, memberi catatan khusus buat Maslim. Yaitu tonal accuracy yang dianggap sangat bagus, termasuk sound imaging terutama untuk efek drum heats-nya.

Lantas bagaimana dengan Fajar? Juri SQ asal kota Bandung, Jabar ini mengakui kalau keseluruhan poin penilaian hampir terdengar sempurna di telinga.

Pantas saja kedua juri tadi mendaulat Maslim sebagai jawara di kelas SQ 30 juta. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa