Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Macam-Macam Pilihan Cairan Wiper

Editor - Rabu, 2 Juni 2010 | 13:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mengisi washer reservoir (WR) hanya dengan air saja ternyata tak cukup. Pasalnya selain debu dan serangga, ada cairan-cairan lain yang dapat menempel pada permukaan kaca depan mobil.

“Cipratan solar maupun oli dari mobil lain yang biasanya menempel pada permukaan kaca mobil. Cairan tersebut enggak bisa hilang bila hanya diguyur air," kata Andi M. Iqbal, service advisor bengkel OSS di jalan Panjang 8A, Jakbar.

Tentunya bila cairan-cairan tersebut dibiarkan menempel, akan berakibat terganggunya pandangan sopir. Ini bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Nah agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya air yang diisikan ke dalam WR dicampur dengan cairan khusus untuk wiper," saran Iqbal.

Dibeberapa toko penjual aksesoris atau yang khusus menjual cairan mobil, menyediakan cairan tersebut. Soal harga juga bervariatif, ada yang di atas Rp 50 ribu dan ada yang lebih murah. Untuk kali ini kita tengok pasangan air dalam WR yang banderolnya murah meriah.

No caption
No credit
No caption

Forch
Bila dibaca dari tulisan yang ada dalam label produk bernama Eco Hot (EH) ini, hampir bisa dipastikan bahwa produk tersebut buatan Jerman. Tapi jangan kuatir, tak semua tulisannya yang ada dalam label berbahasa Jerman (ada Italia, Inggris, Denmark dan Spanyol).

Beda dengan produk-produk cairan pembersih kaca sebelumnya, EH dikemas dalam botol ekonomis berukuran 30 ml. Walau beda kemasan, namun treatment pemakaiannya tetap sama, cukup dicampurkan langsung ke dalam air pada WR. Sesuai aturan yang ada pada label produk ini, maka 1 botol EH yang harganya Rp 13.000 ini bi­sa dicampurkan air se­banyak 2,5-3 liter.

Selain bisa dipa­kai buat membersihkan kaca depan mobil dari kotoran, penggunaan EH ti­dak berpengaruh pada karet, cat dan plastik.

No caption
No credit
No caption

S500
Produk yang diberi nama Windscreen Washer Additive (WWA) ini dikemas dalam botol ukuran 250 ml. Cairan ini berwarna biru bening. Aturan pakai dari WWA adalah cukup pakai 10 ml untuk campuran 1 liter air.

Jika pada Toyota Kijang Innova yang WR-nya bisa menelan air 2,5 liter, maka WWA yang mesti dicampurkan lebih kurang 25 ml. Agar tahu berapa banyak yang dituangkan dalam WR, tinggal tengok ukuran yang ada di samping botol. Setiap garisnya mewakili 10 ml WWA.

Cara pencampurannya juga gampang, tinggal tuang WWA yang banderolnya Rp 280ribu ini ke dalam WR yang terlebih dahulu sudah diisi air bersih. Saat digunakan, air yang disemprotkan ke permukaan kaca akan sedikit berbusa.

Waxco
Dipasaran, cairan berwarna oranye bikinan Malaysia ini dibanderoli Rp 16.500. Kemasannya botol dengan ukuran 150 ml. Penggunaan yang dianjurkan adalah 25 ml untuk dicampurkan pada 2,5 liter air dan itu tertera pada label produk yang dinamai Windshield Cleaner.

Cara pencampurannya juga mudah, tinggal kecrot ke dalam WR. Bila mau mengikuti aturan, maka pastikan enggak melebihi tabel ukuran yang menempel pada kemasan botol. Satu garis tabel ukuran tersebut, mewakili 25 ml.

Saat sudah bercampur air dalam tabung WR dan disemprotkan pada permukaan kaca, maka akan timbul busa. Campuran tersebut langsung membersihkan permukaan kaca depan mobil yang kotor.

Toda : 021-7237966
Tifa : 021-5851747

Penulis/Foto: Oct / salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa