Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kejar Mudah Dikendarai, Yamaha R25 Hadir Tanpa Sasis Deltabox

Dimas Pradopo - Selasa, 20 Mei 2014 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Motor sport fairing terbaru Yamaha YZF-R25 (Klik untuk video suara mesinnya) tampaknya mendobrak pakem sasis di keluarga R-Series dengan aplikasi turbular diamond. Pasalnya, semua keluarga R-Series, termasuk R15 hadir dengan sasis Deltabox. Kenapa?

"Ya memang di R25 kami mengusung rangka tipe diamond. Tujuannya lebih ke arah fungsional. Yakni easy to handle dan memberi kesan slim yang kompak saat ditunggangi,” buka M. Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya desain R25 mengutamakan slim dan ringan. “Kan konsepnya R25 adalah superbike yang bisa dikendarai setiap hari. Ini bukan soal deltabox yang lebih baik atau buruk, tapi lebih ke arah fungsi. Seandainya dipilih deltabox feeling berkendaranya akan beda,” jelasnya.

Keunggulan lain yang didapat dengan memakai sasis turbular adalah bobot ringan. “Dengan turbular, R25 hanya memiliki bobot 166 kg saja. Ini jauh lebih ringan dari pesaingnya yang sama-sama memakai mesin 2-silinder,” urai pria ramah ini. Sebagai catatan bobot 166 kg ini hanya lebih berat 2 kg dari Honda CBR250R yang mengusung mesin 1 silinder.

Saat ditanyakan soal tingkat kekakuan (stiffness) sasis turbular yang masih kalah ketimbang deltabox, dirinya berpendapat jika masalah itu sudah diselesaikan dengan baik oleh insinyur Yamaha.

“Sudah kami persiapkan. Untuk itu sasis dirancang untuk dapat menyerap gaya twisting (pelintir) yang lebih besar, tapi sudut sasis (bend) dibuat lebih kecil. Sehingga selain ukuran menjadi kompak, tapi juga memberikan feeling berkendara sporty layaknya keluarga R-Series,” pungkas Abidin. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa