Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Beberapa Perbedaan Yamaha R15 India dan Indonesia!

billy - Senin, 10 Februari 2014 | 17:40 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tinggal menghitung bulan, Yamaha R15 akan segera dipasarkan di Indonesia. Menurut sumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor sport berfairing ini bakal mulai dipasarkan pada Mei 2014 mendatang.

Secara spesifikasi mirip versi India, dari desain bodi hingga rangka dan mesin masih mirip-mirip. Desain bodi dan fairingnya boleh dibilang sama persis, rangkanya juga tetap menggunakan deltabox dengan swing arm alumunium.

Di area mesin, persis Yamaha New V-Ixion Lightning, satu silinder SOHC 4 klep berpendingin air dan tanpa kick starter. Di sisi transmisi, R15 sudah menggunakan gear box 6 speed. Meski banyak samanya, tetap saja ada yang beda meski cuma minor! Ini adalah beberapa perbedaan kecil;


Bila dibandingkan dengan versi India ada beberapa revisi.
 
Lampu Sein
Lampu sein R15 versi Indonesia persis Yamaha New V-Ixion Lightning, bentuknya futuristik dan serasi dengan desain bodi R15.

Kunci Kontak Bermagnet
Kunci kontak R15 India tanpa pengaman magnet, sedang versi Indonesia sudah menggunakan pengaman bermagnet, bentuknya serupa dengan bawaan New V-Ixion Lightning.

Anak Kunci Laser Cut
Anak kunci kontak modelnya sama seperti New V-Ixion Lightning. Bentuknya jadi menarik karena proses pembuatannya dengan laser.

Automatic Head Lamp On
Sesuai regulasi di Indonesia yang mengharuskan lampu utama nyama siang-malam. Motor ini juga sudah mengadopsi fitur Automatic Head Lamp On.

Tanpa Sari Guard
Versi Indonesia tidak dilengkapi dengan sari guard. Di India, besi yang berada di sebelah kiri swing arm ini menjadi pelindung yang mencegah kain sari, pakaian khas wanita India tersangkut dan masuk ke rantai.

Sepatbor Kolong Lebih Pendek
Sepatbor kolong Versi India panjang sampai ke bawah, meski terlihat terpisah menjadi dua piece ternyata menyatu. Sedang untuk Indonesia lebih pendek hanya sebatas sepatbor kolong bagian dalam saja, bagian belakang ditiadakan.

Footstep Beda Desain

Footstep alumunium R15 versi Indonesia memiliki plat pengaman tumit dengan tiga lubang, sedang versi India yang lama ada 7.

Finishing Lebih Rapi

Finishing jauh lebih bagus. "Kalau enggak percaya lihat di area kemudi, versi Indonesia lebih halus," beber sang narasumber dari PT YIMM. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa