Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Nouvo, Pakai Injeksi Amerika!

billy - Senin, 17 Oktober 2011 | 16:31 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jangan lihat bentuknya, sekilas memang tak ada yang istimewa dari Yamaha Nouvo keluaran tahun 2004 ini. Tapi pasti kaget saat melihat perangkat pengkabutan bahan bakarnya. Sudah injeksi bro!

"Tadinya pengen ganti motor baru, tapi dapatnya paling itu-itu doang. Lebih baik yang ini dioprek jadi injeksi," ungkap Leo Wisnu Susetyo, sang pemilik yang juga gemar ngoprek ini.

Enggak pakai lama, lewat bantuan Freedy Gautama dari Ultraspeed perangkat injeksi berlabel Ecotrons dari Amerika Serikat diboyong ke tanah air. Paket ini memang dibuat untuk motor berkapasitas mesin kecil, dari 150 sampai 250cc.

"Salah satu penyebabnya adalah trottle body-nya punya diameter venturi 28 mm, sudah cocok untuk spesifikasi mesin bore up 150 cc. Kecepatan semprotan injektornya juga bisa mencapai 128 gram/menit, lumayan kencang," beber pria ramah yang bengkelnya mangkal di Jl Cipto Mangunkusumo, Ciledug, Tangerang ini.

"Jadinya cocok dengan kondisi mesin yang sebelumnya sudah pasang piston berdiameter 58 mm dan blok ceramic untuk membengkakan ruang bakar hingga 150 cc," terang Freedy.

No caption
No credit
No caption

Instalasinya juga diakui mudah karena semuanya plug an play. Freedy menjelaskan isi paketnya sudah lengkap dari throttle body, fuel pump, semua sensor dan ECU.

Lebih canggih, injeksi dari Ecotrons ini tipenya close loop. Dengan sensor CO di knalpot, secara otomatis ECU akan memberikan feedback dan menyesuaikan banyaknya semprotan bahan bakar sesuai kondisi mesin.

Kalau Air Fuel Ratio (AFR) terlalu kering, bahan bakar akan ditambah secara otomatis, begitu juga sebaliknya. Teknologi serupa sudah diadopsi pada Honda CBR 250R dan hampir semua motor-motor besar yang beredar.


Tapi uniknya, pengapian tidak serta merta ikut diatur ECU dari perangkat injeksi ini. Tapi masih diatur lewat CDI. "Enaknya jadi bisa pakai CDI racing apa saja. Tapi ECU tetap bisa membaca timing pengapian lewat pulser, sehingga pembakaran tetap sempurna," jelasnya.

Paket Dijual Rp 4,2 Jutaan

Untuk paket injeksinya ini, Freddy menjual dengan harga Rp 4,2 jutaan sudah termasuk ongkos kirim dari Amerika ke Indonesia. "Biaya pasangnya cukup Rp 500 ribu saja, tapi exclude biaya dyno tes ya," wanti Freedy.

 Spesifikasi
Silinder Blok : Ceramic
Silinder Head : Kawahara
Klep: Kawahara 28 mm / 22 mm
Noken as: WRD
CDI: Cheetah Power
Knalpot: CLD
Injetion Kit: Ecotrons
Ultraspeed: 021-93858080

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa