Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CG100, Tergoda Flat Track

billy - Jumat, 30 September 2011 | 08:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nawan Widodo langsung tergoda gaya motor flat track waktu searching di internet. Padahal Honda CG110 1977 miliknya yang teronggok di parkiran, masih belum menemukan ide mau digarap jadi motor kayak apa jika ingin dimofikasi. Mau jadi apa ya?

Untungnya Nawan beserta adiknya Sigit adalah punggawa rumah modifikasi Black Smith Custom (BSC) di Jl. Palagan Km.8, Mudal, Sleman, Yogyakarta. Mengaku tidak kesulitan jika ingin motornya diubah ke arah itu.

Tanpa menunggu lama, mereka berdua langsung merombak total rangka dan sasis. Rangka sedikit dipotong, tepatnya pada backbone dan kemudian ditambah beberapa besi sebagai dudukan tangki dan buritan yang dibuat dari fiberglass.

No caption
No credit
No caption

“Saya tidak terlalu ambil pusing. Sebab di bengkel ada beberapa bahan untuk keperluan modifiakasi. Di antaranya sok depan Cagiva Mito berikut pelek racing juga monosok Satria F-150. Jadi tinggal bikin swing arm dan bodi,” imbuh Nawan sambil menunjuk swing arm dimaksud.

Nawan menambahkan bahwa dalam waktu dua bulan semuanya kelar. Sebab Nawan fokus mengerjakan semua kaki-kaki. Sedangkan Sigit yang mengerjakan semua bodi, lampu dan pengecatan. Jadi, mereka memang bagi-bagi tugas.

“Paling lama pembikinan arm. Memakan waktu hingga tiga minggu sendiri. Arm ini dijamin kuat, karena dibuat dari bahan besi pelat. Juga tidak terlalu berat seperti kebanyakan arm-arm custom yang dibikin handmade,” imbuh mereka.


Biar kelihatan ciri khas tunggangan flat track, lampu depan dan belakang pun hasil custom mereka. Semua dipadukan setang lebar gaya tracker produk variasi yang tentunya bayak dijual.

Dilihat sepintas mesin CG ini memang masih standar. Padahal tidak begitu di jeroan yang sudah mengalami banyak ubahan “Mesin CG yang awalnya berkapitas silinder 110cc, kini berubah menjadi 150cc. Sebab piston sudah diganti satu set pakai kepunyaan Honda Tiger 2004. Setelah dirasakan buat jalan setiap hari seakin mantap,” lanjut Nawan yang siap diajak kontek-kontekan langsung di nomor 0817-4111-760.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 110/80-17
Ban belakang: Swallow 160/60-17
Lampu depan: Custom & LED
Knalpot        : Custom
Biaya modif    : Rp 8 juta

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa