Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Baru, Yamaha Soul GT Diklaim Lebih Responsif

Dimas Pradopo - Minggu, 15 April 2012 | 19:23 WIB
Mesin Baru, Yamaha Soul GT Diklaim Lebih Responsif
Dok MOTOR Plus
Mesin Baru, Yamaha Soul GT Diklaim Lebih Responsif

 
Bila dibandingkan dengan Mio Soul, Yamaha Soul GT baru diklaim tarikannya lebih responsif. Mesin yang lebih responsif ini sangat mungkin dirasakan pengendaranya berkat mesin yang benar-benar baru.

"Terutama di bagian kepala silinder," buka M. Abidin, General Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Pelatuk klep model konvensional ditinggalkan. Gantinya aplikasi model roller sehingga friksi antara pelatuk dengan kem jadi lebih minim dan usia pakai komponen lebih tinggi.

Skubek ini juga telah mengadopsi diameter payung klep lebih besar ketimbang Mio Soul lama. Klep in pakai 26 mm dan klep ex 21 mm.

 
Diameter batangnya 5 mm dan memiliki sudut celah klep 26 derajat untuk klep ex dan 24 derajat pada klep in.

Menurut Abidin, pemakaian klep besar ini juga buat mendukung terciptanya efek turbulensi. Sehingga proses pembakaran menjadi sempurna.

Soul GT juga sudah mengaplikasi forged piston. Piston tempa ini dipadu DiAsil Cylinder, keduanya sangat kuat terhadap gesekan. Sehingga kompresi tinggi hingga 9,3 : 1 pun tidak jadi masalah.

"Selain ruang bakar, Soul GT juga memiliki jalur udara yang panjang di filter udara," beber Radit dari tim technical PT YIMM. "Belt juga lebih pendek sehingga akselerasinya lebih responsif.

Mesin Baru, Yamaha Soul GT Diklaim Lebih Responsif
Dok MOTOR Plus
Mesin Baru, Yamaha Soul GT Diklaim Lebih Responsif
Untuk mendapatkan akselerasi yang lebih responsif, jarak puli depan dan puli belakang dibuat lebih pendek. Jika di Mio Soul berjarak 365 mm, di Soul GT menjadi 350 mm. Jadi panjang keseluruhan belt yang diaplikasi 711 mm, padahal Mio Soul mencapai 798 mm. Roller pun lebih ringan 1 gram. Dari 10,5 gram jadi 9,5 gram.

Wajar kalau jadi lebih ngacir

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa