Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow Konsumsi BBM Soul GT Tembus 51,9 km/liter

Dimas Pradopo - Minggu, 8 April 2012 | 20:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Mengusung mesin yang sama seperti yang dipakai Yamaha Mio J, Soul GT memiliki mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Salah satu teknologi unggulannya adalah injeksi bahan bakar yang membuatnya jadi ramah lingkungan sekaligus hemat bahan bakar.

Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Satu katup membuka aliran udara untuk melalui selang air assist di putaran rendah, sedang katup lainnya bekerja di putaran tinggi agar suplai udara sesuai dengan kebutuhan ruang bakar.

Kombinasi ini membuat konsumsi bahan bakarnya diklaim sangat hemat. Dalam kondisi pengetesan kombinasi, Yamaha Soul GT mampu menempuh jarak 51,9 km dengan satu liter bahan bakar.

"Selisih sedikit dengan Mio J yang bisa 52 kilometer per liter. Sedikit berbeda karena Soul GT memiliki bobot yang lebih berat dari Mio J, ada perbedaan sekitar 1 kilogram," beber M. Abidin, General Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Meski hemat, soal performa juga diklaim sangat baik. Mesin yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Selain itu dilengkapi juga dengan forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin. Bertenaga sekaligus hemat bahan bakar dong! (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa