Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Semakin Kompetitif

Editor - Jumat, 29 Oktober 2010 | 09:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Berkembangnya gaya hidup modifikasi tak lepas dari peran serta produsen ban. Pemilik mobil disuguhkan beragam jenis dan ukuran ban di pasaran retail. Populasi mobil jenis minivan, small MPV hingga hatchback yang terus meningkat diiringi ketersediaan merek dan ukuran ban yang sesuai.

”Kebanyakan pakai 17 inci,” ujar Gino dari Jaya Ban. Spek demikian bisa dibilang lengkap ketersediaan merek dan ukurannya, karena permintaan yang cenderung meningkat. Data yang dihimpun OTOMOTIF dari beberapa toko ban di Jakarta, merek-merek yang menyediakan ukuran 17 inci ada Bridgestone, Dunlop, Goodyear, Toyo, Pirelli, Michelin, GT Radial, Accelera, Achilles dan Hankook.

“Biasanya untuk mobil seperti Jazz, Yaris, Freed, Vios atau Avanza,” ujar Gino yang buka toko di Mega Glodok Kemayoran, Jakpus. Modifikasi yang diterapkan rata-rata berorientasi tampilan dan menggunakan ukuran ban 17 inci karena aplikatif di banyak ruang roda mobil sedang. “Paling banyak di rentang lebar tapak 195 hingga 215,” yakin Amin Sutiono dari toko pelek Autostyle di Sunter, Jakut.

Begitu pun dengan profil alias ketebalan ban, dominasi profil 40 sampai 50 paling sering digunakan. Dilihat dari ukuran yang disediakan produsen ban rentang profil seperti ini beragam pilihannya. Bahkan merek-merek lokal sudah mulai unjuk gigi dengan ketersediaan ukuran yang lengkap. Ban merek lokal mulai menawarkan daya tahan dan model alur yang setara ban impor.

No caption
No credit
No caption

Alur tapak ban lokal sudah seperti ban impor

Alur tapak ban impor tidak selamanya 'menantang'

Sasarannya tentu untuk keperluan modifikasi namun masih layak dipakai sehari-hari. Bahkan beberapa merek ban tertentu menjagokan produknya, salah satunya di ukuran ini untuk keperluan kompetisi, baik di dalam negeri hingga ke luar negeri sebagai pembuktian daya tahan.

Peruntukkan ukuran ban 17 inci sesuai mobilnya, Gino menyebut ukuran 205/45/R17 untuk hatchback seperti Honda Jazz, Toyota Yaris dan Suzuki Swift. Sementara kelas sedan kompak seperti Toyota Vios atau Honda City lebih aman pakai ukuran 205/40/R17. Kalau MPV maupun light SUV bisa pakai ukuran 215/55/R17 atau 225/50/R17.

Produsen ban berlomba menjajakan pilihan terbaik mulai rentang ukuran, kembangan hingga harga yang kompetitif. Menariknya, di kelas ban impor yang selama ini didominasi pabrikan asal Jepang, Eropa maupun Amerika, menyelinap Hankook, asal negeri ginseng yang turut bermain di ukuran ini. Sayang, ketersediaannya yang masih jarang ditemui membuat popularitasnya belum mengemuka.

Persepsi yang menyebut ban impor mencengkeram lebih baik karena punya alur model anak panah menjurus tidak selamanya benar. Ban merek lokal pun juga punya andalan alur yang sudah mirip ban impor. Ada juga ban impor yang alur tapaknya ‘biasa’ layaknya ban untuk kebutuhan all season.

Harga yang kompetitif membuat persaingan ban di ukuran 17 inci ini cukup ketat. Namun sebelum membeli, perhatikan kode produksi ban yang tertera di dindingnya. Usia ban yang tidak lebih dari satu tahun semenjak diproduksi akan memperpanjang umur ban saat akan digunakan.• Anto

Penulis/Foto: Anto / Anto

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa