Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Detail Perbedaan Fitur Honda Blade Lawas dan New Blade

billy - Kamis, 18 Agustus 2011 | 11:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Model baru tentu punya kelebihan dibanding versi lawas. Apa saja keunggulan yang bisa didapatkan konsumen dengan membeli Honda New Blade? Silakan perhatikan detail perubahan yang disodorkan. Kali ini lebih detail soal fitur dan bentuk bodinya. Sedang untuk perbedaan mesin sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Bodi dan Rem Belakang

Areal sayap juga mengalami banyak perubahan. Kalau model sebelumnya keberadaan sayap hanya sebagai pemanis yang punya desain tipis. New Blade punya sayap atau leg shield yang memang lebih terlihat menegaskan karakter besutan bebek pada umumnya.

No caption
No credit
No caption

Makin sip model sayap yang sekarang lebih lebar dan desain terlihat berlapis ini sudah dilengkapi dengan kisi-kisi atau ruang udara. Penempatan lampu sein pada areal depan sayap membuat dimensi ‘dada’ jadi lebih lebar, pada kedua sisinya ditempel lampu sein dengan desain futuristik yang lancip.

Areal sepatbor juga sudah direvisi, tidak lagi seperti pendahulunya dudukan spatbor menggantung pada pipa teleskopik, Spatbor baru New Honda Blade dudukannya pindah tempat di segitiga bawah seperti Honda Absolute Revo.

Paling penting dan menarik dilirik adalah areal pengereman belakang yang kini sudah dilengkapi disck brake atau cakram. Double disk depan-belakang dengan mengaplikasi model piston tunggal, pastinya lebih baik dari generasi pendahulunya yang hanya mengaplikasi model drum.

No caption
No credit
No caption

Beda Power

Meski masih mengadopsi kapasitas mesin yang sama 109,1cc tetapi dilihat speknya Blade lawas justru punya tenaga lebih (8,46 PS/ 7.500 rpm vs 8,4 PS / 7.500 rpm), torsi yang lebih bagus (0.86 Kgfm / 5500 rpm vs 0,83 Kgf.m di 5.500 rpm).

Perbedaan paling menonjol dari mesin baru ini adalah sudah aplikasi Honda Variable Ignition Control (HVIC).

“Ada dua kurva pengapian bekerja sesuai karakter berkendara. Saat dipakai halus, kurva pertama bekerja. Kurva kedua, ketika dipaksa buka tutup gas lebih agresif,” jelas Endro Sutarno dari Technical Service Training Development AHM .(AHM).

No caption
No credit
No caption

Head Lamp Pindah Posisi

Ini dia perbedaan paling menyolok, seputar areal setang dan bodi depan New Honda Blade desaiannya berubah total. Honda Blade versi lama, lampu utama bersebelahan dengan sein dan terletak di bawah sementara setang hanya dibungkus selubung bodi.

Lampu utama New Honda Blade terletak di depan areal setang. Posisinya terpisah dengan lampu sein yang tetap berada di bawah. Lampu sein dibuat memanjang beraksen futuristik juga sudah dilengkapi inner lens. Hal ini membuat cahaya lampu sein menjadi lebih jelas dan mudah terlihat.

Secara dimensi jelas cenderung New Blade kembali ke ukuran bebek standar. Desain sepatbor depan kembali menyatu fairing. Di versi lawas lebih mengarah ke ayam jago. Lampu belakang New Blade lebih besar. Detail mengikuti lampu belakang Vario CBS Techno.

No caption
No credit
No caption

Belakang Mirip Skubek

Unsur safety riding dalam berkendara dengan Honda New Blade begitu diperhatikan. Seperti model lampu belakang yang mirip skubek yang matik, Honda Vario Techno. Selain itu, ada cover pelindung panas mesin yang ada pada bagian cover mesin sebelah kanan. Dibuat dari bahan plastik yang mampu meredam panas ke areal kaki.

Selain itu Blade baru juga sudah dilengkapi footstep depan fleksible. Jadi saat motor di ajak rebah enggak khawatir footstep tertahan aspal, lantaran dudukan footstep yang bisa menyesuaikan layaknya besutan motocross.


Dimensi Lebih Melar

Selain secara bentuk yang seluruhnya berubah dimensi juga mengikuti. Jarak sumbu roda Blade lama yakni 1.221 mm sedangkan New Blade 1.227 mm. Ground clearance New Blade lebih ceper hanya 135 mm sedangkan Blade lebih jangkung 147mm. Kalau melihat dari sisi jarak sumbu roda, jelas Blade lawas lebih lincah dibanding New Blade. Itu karena jarak sumbu roda yang lebih pendek.

Bobot total New Blade juga lebih berat 8,8 kg, total beratnya 104 kg. Perbedaan bobot motor ini banyak dipengaruhi oleh ubahan pada rangka pengaruh dari ruang bagasi yang melar, mampu menampung hingga kapasitas 3,7 liter.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa