Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha YS 250 Fazer 2011, Pantaskah Menggantikan Scorpio?

Editor - Selasa, 9 Maret 2010 | 08:41 WIB
Yamaha YS 250 Fazer 2011, Pantaskah Menggantikan Scorpio?
Yamaha YS 250 Fazer 2011, Pantaskah Menggantikan Scorpio?

OTOMOTIFNET -  Tampang terbaru dari Yamaha YS 250 Fazer dirilis oleh Yamaha Brazil belum lama ini. Motor berkapasitas bersih 249 cc ini akan dipasarkan pada tahun 2011. Fazer 250 versi 2011 ini merupakan versi penyegaran dari model terdahulu yang sampai sekarang masih dijual di Brazil.

Dari sisi tampilan, motor ini cukup sangar dengan desain headlamp runcing ala Fazer 800, sepintas seperti desainnya mirip Yamaha V-Ixion terbaru dan juga Yamaha Byson. Lalu, penggunaan tank flap yang membuat tampilan motor ini lebih berisi.

Sedangkan pada cover body  belakang didesain meruncing yang dilengkapi dengan penggunaan lampu diamond berjenis LED menjadikan Fazer 250 lebih sporty dan gagah.

Secara fitur, motor sport yang masih satu platform dengan Yamaha Scorpio ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti, panel instrumen yang mengaplikasi sistem analog dan digital. Ditambah lagi rem cakram yang sudah diaplikasi pada kedua rodanya.

Sedang mesin 250cc bisa dipastikan adalah versi bore up dari mesin Scorpio. Panjang stroke-nya sama-sama 58,0 mm bedanya ada pada diameter piston. Bila Fazer 250 menggunakan piston 74 mm sedang Scorpio hanya 70 mm.

Selain itu perbedaan lain yang mencolok adalah Fazer 250 sudah mengaplikasi oil cooler sehingga sistem pendinginannya lebih baik dibanding dengan Scorpio. Fazer 250 juga sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi.

Perbedaan kapasitas mesin tentu berpengaruh kepada performa. Dimana Fazer 250 lebih unggul karena dapat menghasilkan 21 dk pada 8000 rpm, dan memiliki torsi maksimal sebesar 2,10 kgf.m di 6.500 rpm. Sedangkan Scorpio hanya dapat menghasilkan 19 dk di 8.000 rpm dan torsi sebesar 1.86 kgf.m pada 6.500 rpm.

Rasanya bila melihat tampang Yamaha Scorpio yang sudah terlalu tua dan lama tidak ada pembaharuan. Fazer 250 bisa menjadi senjata Yamaha di tahun 2011 untuk menggantikan Scorpio!


Penulis/Foto: Ilham/Yamaha
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa