Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bensin Makin Mahal, Hyundai Indonesia Makin Serius Garap Pasar Mobil Diesel

Editor - Selasa, 23 Februari 2010 | 08:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hyundai H1 CRDi meluncur bulan depan

OTOMOTIFNET – Lewat Jongkie D Sugiarto, Presdir PT Hyundai Motor Indonesia (HMI), Hyundai Indonesia diyakini bakal terus berkonsentrasi pada mobil-mobil bermesin diesel di Indonesia. Menurut orang nomor satu di Hyundai Indonesia ini, mobil diesel adalah trend masa depan.

“Masih ingat transmisi automatic di awal 90an, masih banyak yang takut untuk membeli mobil bertransmisi automatic. Tapi sekarang pertumbuhannya sangat pesat. Begitu juga dengan mesin diesel pada mobil penumpang, sekarang masih dipandang sebelah mata tapi trend dunia beralih ke diesel,” ungkap Jongkie penuh keyakinan.

Pria yang ditemui saat peluncuran Hyundai H1 CKD beberapa waktu yang lalu ini juga percaya, lama kelamaan pengguna mobil akan terus berhitung biaya operasional yang semakin tinggi.

“Semakin sadar pegeluarannya besar, kebutuhan mobil bermesin diesel yang hemat bahan bakar dan harga bahan bakarnya lebih murah juga akan meningkat,” lanjut pria ramah ini.

“Bukan hanya negara-negara Eropa yang sudah demam mesin diesel, negara-negara di Asia Tenggara pun sudah mulai terjangkit virusnya. Thailand dan Philipina misalnya. Kedua negara itu order Hyundai H1 rakitan Indonesia bermesin diesel. Di sana mobil bermesin diesel cukup bisa diterima masyarakat,” jelas Jongkie.


Hyundai i20 CRDi, hatchback pertama bermesin diesel

Hyundai H1 bermesin diesel pun akan diluncurkan di Indonesia bulan Maret 2010. Bermodal mesin 2.497 cc CRDi, Hyundai H1 memiliki daya maksimal 170 ps pada 3.800 rpm dan torsi 392 Nm yang sanggup diraih pada putaran mesin flat 2.000 sampai 2.500 rpm.

Bandingkan dengan versi mesin bensinnya, berkapasitas 2.400 cc memiliki tenaga 175 ps di 6.000 rpm dan torsi 227 di 4.200 rpm. Power dan torsi mesin diesel didapat pada putaran mesin yang lebih rendah dari versi mesin bensinnya, artinya konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit. Lagi pula tenaga yang dihasilkan pun tidak begitu terpaut jauh.

Peluncuran Hyundai H1 diesel ini merupakan buntut keseriusan PT HMI di pasar mobil bermesin diesel setelah sebelumnya secara fenomenal meluncurkan hatchback Hyundai i20 CRDi dengan mesin diesel.

“Untuk mensosialisasikan penggunaan mesin diesel tidak bisa dengan cepat, yang terpenting kini kita pasarkan dulu varian-varian bermesin diesel sebagai trigger agar konsumen mendapatkan pengalaman yang baik bersama mobil-mobil Hyundai bermesin diesel,” jelas Jongkie.

Penulis/Foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa