Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Supercar Dengan Empat Motor Listrik

Editor - Senin, 28 September 2009 | 07:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Audi sepertinya ikut meramaikan munculnya mobil listrik di Frankfurt Motor Show 2009 yang sedang berlangsung. Dijuluki Audi e-tron yang mengambil basis dari R8, mobil ini bisa jadi satu – satunya supercar yang ditenagai motor listrik saat ini.

Jangan takut dengan tenaganya, karena mobil ini memiliki motor listrik sebanyak 4 buah! Dua motor listrik diletakkan di poros roda depan dan dua lagi di belakang, mampu menghasilkan tenaga sampai 230kW (313hp) dan torsi maksimum mencapai 4500 Nm.
 

No caption
No credit
No caption

Dengan tenaga sebesar itu, mampu membuat Audi e-tron berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam 4,8 detik dan dari 60 – 120 km/jam dalam waktu 4,1 detik. Ini bukti dari Audi kalau motor listrik juga mampu beraksi layaknya mesin konvensional.

Tenaga itu berasal dari energy listrik yang disimpan dalam baterai lithium-ion yang berkapasitas hingga 42,4 kW dan mampu memberikan supply energy hingga mobil berjalan sejauh 248 kilometer. Posisi baterai diletakkan tepat dibelakang kabin untuk mencapai titik gravitasi yang optimal.

Sistem kemudi, perangkat elektronik dan kondisi baterai selalu dipantau oleh innovative thermal management system milik Audi sehingga suhunya dapat terus dijaga. Begitupun dengan kondisi interior, Audi menempatkan heat pump yang dapat mengkondisikan suhu dalam interior tetap normal.

Eksterior tidak luput dari sentuhan, seluruh lampunya mengadopsi teknologi LED dengan efisiensi tinggi. Tidak hanya sekedar menyala, system lampunya memiliki manajemen sendiri yang dapat mengatur intensitas cahaya lampu sesuai keadaan lalu lintas, peta, cuaca atau bahkan adanya kabut.

Tidak hanya sampai disitu, melalu mobil ini Audi juga mencoba mengembangkan system komunikasi antar kendaraan. Komunikasi ini diciptakan melalui beberapa sensor, bantuan satelit sehingga bisa membaca kondisi lalu lintas dan membantu pengendara mengindar dari kecelakaan.

Penulis/Foto : Nanda/Audi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa