Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ferrari 458: 13,7 liter Untuk 100 km

Editor - Jumat, 28 Agustus 2009 | 08:44 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setelah wujudnya diperkenalkan pada akhir Juli lalu, akhirnya Ferrari memberikan lebih banyak bocoran detail mengenai interior dan fitur supercar terbaru miliknya yang diberi nama Ferrari 458 Italia. Ferrari seri terbaru ini baru akan diperlihatkan ke publik saat Frankfurt Motor Show 2009 yang akan berlangsung 15 September nanti.

Ferrari mengembangkan seri 458 ini benar-benar serba baru disemua lini. Mulai dari desain, mesin, performa, handling dan bagiannya mobil lainnya. Hebatnya lagi, seri 458 banyak dipengaruhi mobil  Ferrari yang dipakai di ajang Formula 1. Kali ini pabrikan mobil asal Italia ini membocorkan interior dan dashboard setelah merilis eksteriornya di perkenalan pertama.

No caption
No credit
No caption

Desain dashboard ini diklaim Ferrari memiliki sisi ergonomis yang lebih baik dengan pengemudi. Kali ini lebih banyak instrumen ditempatkan di sekeliling lingkar kemudi dan mudah dijangkau.

Tujuannya agar memiliki nilai safety yang lebih tinggi dan pengemudi dapat berkonsentrasi penuh saat berkendara, sebuah filosofi dari balap F1 yang diterapkan dengan baik.

Fitur yang tak kalah menariknya adalah Vehicle Dynamic Assistance (VDA) yang memonitor penuh kondisi di area mesin, girboks, ban dan rem. Dengan fitur ini, VDA dapat menyajikan informasi dari tiap komponen tersebut dengan akurat dan dapat memberikan kondisi ideal saat melakukan proses warm-up, saat mesin beroperasi dan saat salah satu komponen memerlukan pendinginan.

Sedangkan mesin yang ditanamkan di supercar rancangan Pininfarina ini berkapasitas  4499cc V8. Mesin ini merupakan hasil pengembangan Ferrari untuk menekan angka emisi dan menaikkan nilai efisiensi bahan bakar. Akhirnya mesin ini mampu menenggak 13,7 liter untuk 100 km, walau begitu mobil ini masih bisa dipacu hingga 325 km/jam dan berakselerasi 0 – 100 km/jam hanya dengan waktu 3,4 detik.

Performanya ini terbantu dengan penggunaan transmisi kopling ganda dengan 7 percepatan. Juga adanya fitur E-Diff dan penggunaan ECU yang menghasilkan peningkatan akeselreasi sebesar 32% dibandingkan model terdahulunya. Dengan tenaga yang besar, maka rem turut disempurnakan oleh ABS dengan ECU yang sama sehingga jarak pengereman 100 – 0 km/jam hanya 32,5 meter.

Spesifikasi Ferrari 458 Italia

Dimensi
Panjang 4527 mm
Lebar 1937 mm
Tinggi 1213 mm
Wheelbase 2650 mm

Mesin
Tipe V8 – 90°
Kapasitas 4499 cc
Daya Maksimum 425 kW @ 9000 rpm
Torsi Maksimum 540 Nm @ 6000 rpm
Rasio Kompresi 12.5:1

Transimisi
Kopling ganda, 7-speed F1

Penulis/Foto : Nanda/Ferrari

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa