Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

WRC : Jari-Matti Latvala Ambil Alih Posisi Terdepan Di Lintasan Berdebu

Dimas Pradopo - Jumat, 11 September 2015 | 17:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Perth – Jari-Matti Latvala mengambil alih pimpinan reli Australia dari tangan Kris Meeke untuk mengakhiri kompetisi hari pertama Jumat sore (11/9), setelah menyodok dari posisi lima di trek berdebu ini.

Pereli tim VW, Jari-Matti Latvala memenangkan 3 tahapan khusus (SS) dari 4 yang tersedia di paruh kedua hari pertama. Sebelumnya, pereli tim Citroen, Kris Meeke berada di depan saat istirahat tengah hari.

Saat itu Meeke mempin 3,3 detik dari pereli tim Hyundai, Dani Sordo. Sedangkan Latvala menempati urutan kelima, tertinggal 10,7 detik dari Meeke.

Namun kemudian setelah jead istirahat, Latvala langsung melakukan gempuran dan memenangkan SS5, SS6 dan SS7 sehingga ia bisa mendekati Meeke. Sebelum akhirnya ia menyalip catatan waktu tercepat Meeke dengan keunggulan 2,0 detik.

Sementara rekan setim Latvala, Sebastien Ogier juga merangkak naik dari urutan enam kini berada di posisi tiga, terpaut 0,4 detik. Diikuti pereli VW lainnya, Andreas Mikkelsen. Dani Sordo turun ke peringkat lima.

Ban jadi faktor kunci perjalanan pereli di hari pertama ini. Pada sesi pagi hari para kontestan menggunakan ban Michelin kompon lembut. Namu di sore mereka lebih menyukai ban kompon keras.

“Saya tahu kehilangan sedikit waktu dengan Ogier (di SS terakhir). Saya melakukan gempuran terlalu awal, sehingga ban belakang saya tidak dalam keadaan bagus,” kata Latvala yang merasa senang dengan hasil ini.

Kris Meeke mengeluhkan padangannya terhalang debu yang beterbangan dalam kondisi kurang cahaya (sore) pada akhir SS8. Meskipun berada di posisi tiga tercepat di belakang Ogier dan Latvala.

“Jika lintasannya besok begini lagi, penyelenggara harus membatalkan. Anda tida bis amelihat ujung kap mesin, terutama saat berada di gigi enam,” ungkap Meeke.

Ogier sebagai peserta yang melaju di urutan pertama dan bertindak sebagai penyapu jalan, bisa memenangkan adu cepat di SS8. Setelah sebelumnya tercepat kedua di SS4 dan ketiga di SS5.

Besok (12/9), pereli akan menjalani 4 tahapan khusus, dengan jarak tempuh 117,48 km. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Lomba Sampai SS8
1. Jari-Matti Latvala Volkswagen Motorsport Polo R WRC 1h 15m 29.1s M 
2. Kris Meeke Citroen Total Abu Dhabi WRT DS 3 WRC +0m 02.0s M 
3. Sebastien Ogier Volkswagen Motorsport Polo R WRC +0m 04.6s M 
4. Andreas Mikkelsen Volkswagen Motorsport II Polo R WRC +0m 12.9s M 
5. Dani Sordo Hyundai Motorsport N i20 WRC +0m 15.9s M 
6. Hayden Paddon Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 25.5s M 
7. Thierry Neuville Hyundai Motorsport i20 WRC +0m 37.2s M 
8. Ott Tanak M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +0m 40.2s M 
9. Elfyn Evans M-Sport WRT Ford Fiesta RS WRC +2m 21.8s M 
10. Lorenzo Bertelli FWRT SRL Ford Fiesta RS WRC +3m 37.9s M 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa