Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Pelek Yamaha YZF-R25 di MX King, Bisa Tapi Ribet!

Otomotifnet - Rabu, 14 Oktober 2015 | 16:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Sejatinya Yamaha MX King 150 sudah dibekali pelek lebar, ukurannya 1.85x17 dan 3.50x17. Tapi lihat, yang dilakukan PT Enwan Multi Partindo (EMP), distributor produk Racing Boy, Uma Racing, ProLiner dan Nob1 pada motor pajangannya cukup menarik. Dipasangi pelek YZF-R25, jadi makin kekar!

“Pelek R25 lebarnya 2.75x17 dan 4.00x17. Bisa dipasang di MX King tapi dengan banyak penyesuaian,” wanti Robby Gani, selaku Research and Development PT EMP yang sedang melakukan riset pelek racing untuk R25. “Nah, pelek R25 standarnya kan nganggur, makanya iseng pasang di MX King,” ucapnya.

Meski begitu, pria ramah ini pun merinci prosesnya yang tidak mudah. “Tidak bisa plug n play, banyak yang harus diganti,” wantinya. Segitiga sok depan harus diganti yang lebih lebar agar pelek lebar dan ban IRC Road Winner bawaan R25 ukuran 110/70-17 bisa masuk. “Aslinya, roda depan MX King sempit, begitu juga dengan segitiganya,” terangnya.

Di depan dan belakang, Robby masih mempertahankan as roda dan laher bawaan MX King yang lebih kecil. Jadi butuh bantuan tukang bubut untuk membuat bos laher baru. Lubang di pelek R25 diperkecil agar laher standar bisa duduk dengan sempurna.

Bushing kedua roda juga disesuaikan panjangnya. Masalah juga muncul saat pasang gir belakang, harus dibuatkan dudukan baru agar gir depan-belakang posisinya center. Untuk detailnya, lihat foto berikut ini. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

01. Segitiga sokbraker depan tidak bisa pakai standar pabrik karena kurang lebar. Dibuat baru dengan jarak antar as sokbreker lebih keluar, materialnya dari plat besi 12 mm

No caption
No credit
No caption

02. Depan pakai cakram bawaan R25 yang lebih besar, bracket kaliper rem harus disesuaikan juga

No caption
No credit
No caption

03. Hub gir belakang pakai punya R25, namun ubah rumah laher jadi lebih kecil seperti standar punya MX King 150


04. Jarak ban dan swingarm masih aman. Ban belakang pakai standar MX King ukuran 120/70-17 dan depan pakai standar R25 110/70-17

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa