Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ketika VW dan Audi Ketahuan Berbohong!

Bagja - Senin, 21 September 2015 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Washington - Soal emisi gas buang mobil, di Amerika sana termasuk ketat. Sampai-sampai beberapa pabrikan sampai harus 'mengakali' produknya agar bisa lolos standar emisi. Tapi, sepandai tupai loncat, bisa jatuh juga.

Seperti yang dialami Volkswagen dan Audi. Kedua merek Jerman tersebut dituding Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat atau Environmental Protection Agency (EPA) tidak memenuhi standar gas buang di Amerika.

Diduga, Volkswagen dan Audi sengaja menggunakan software khusus untuk membuat emisi kendaraan terlihat bersih dibandingkan dengan sebenarnya. Dikatakan EPA, software tersebut aktif hanya saat mobil diuji emisinya.

"Efektivitas perangkat pengendalian polusi pada kendaraan ini sangat berbeda dengan situasi mengemudi normal. Hal ini menyebabkan mobil hanya memenuhi standar emisi di laboratorium atau stasiun pengujian. Tapi selama berjalan normal memancarkan nitrogen oksida sampai dengan 40 kali dari keadaan standar," kata EPA.

Model yang terkena masalah ini adalah VW Jetta, Beetle dan Golf dari model tahun 2009 sampai 2015. Selain itu, VW Passat 2014-2015 serta Audi A3 2009-2015. Pemilik mobil-mobil tersebut memang tidak memiliki risiko kesehatan dan mereka dapat terus mengemudikan mobilnya. Namun EPA telah memerintahkan VW menarik dan memperbaiki pelanggaran ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa