Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Ertiga Bakal Disulap jadi 'Adiknya' Proton Exora

Bagja - Kamis, 21 Januari 2016 | 23:55 WIB

Jakarta - Setelah Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana akan mengekspor sebanyak 1.500 unit Suzuki Ertiga perbulan ke Malaysia, membuat kemungkinan Suzuki Ertiga bakal disulap jadi bermerek Proton menguat.

Hal tersebut membuat OTOMOTIFNET penasaran, bakal ditempatkan dimana Low MPV andalan SIS ini nantinya diantara jajaran mobil-mobil Proton lainnya. Kemungkinan terbesar, Suzuki Ertiga yang disulap bermerek Proton bakal menjadi 'adiknya' Proton Exora.

Secara dimensi, jelas lebih kecil dari Proton Exora. Suzuki Ertiga juga menggendong mesin yang lebih kecil dibanding Proton Exora yang bermesin 2.0 liter. Sehingga sah-sah saja Suzuki Ertiga bakal menjadi mobil kompak untuk perkotaan baru dari Proton--dibawah Proton Exora.

Lalu bagaimana spesifikasinya? Davy J. Tuilan, Deputi Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan, Suzuki Ertiga yang diekspor SIS ke Malaysia tidak berbeda dengan Suzuki Ertiga yang dipasarkan di Indonesia.

"Spesifikasi Ertiga disana (Malaysia) sama dengan yang di Indonesia? Kita belum diskusi sedetail itu dengan mereka, cuma komponen-komponen utama sama. Bodi sama, mesin juga sama," kata Davy. 

Kemungkinan, Proton tetap akan melakukan penyesuaian tampang, dengan menambahkan aksesori seperti bodikit, merubah desain maupun spesifikasi lampu misalnya, atau apapun yang bakal menjadi ciri pembeda antara Suzuki Ertiga di Indonesia dengan yang bermerek Proton di Malaysia.

"Itu mungkin aja. boleh-boleh saja, tapi persetujuannya bukan dari kami, tapi dari Suzuki Motor Corporation (SMC). Kita juga gitu, misalnya kita impor mobil dari Thailand, terus mau kita tambahkan aksesori, kita harus disetujui dulu oleh SMC. Karena tidak bisa merubah barang dari negara pengimpor," beber Davy.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa