Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Kembali Dikalahkan Datsun Diawal Tahun

Bagja - Selasa, 16 Februari 2016 | 08:47 WIB

Jakarta - Nissan dan Datsun di Indonesia memang masih satu keluarga. Namun, masing-masing punya produk yang harus dijual, sehingga persaingan pun kadang tak bisa dihindari. Menariknya, Datsun selalu mengungguli Nissan dari segi penjualan.

Hasil penjualan sepanjang tahun lalu pun menunjukkan kalau Datsun mulai dominan dibanding Nissan. Pencapaian tersebut terus berlanjut hingga masuk tahun baru, dimana sepanjang Januari, lagi-lagi Datsun lebih banyak menjual mobil dari Nissan.


Hasil penjualan Nissan-Datsun Januari 2016 berdasar laporan GAIKINDO:

1. Datsun 3.295 unit
2. Nissan 1.363 unit


Padahal, Datsun hanya mengandalkan dua model produk, GO Panca dan GO+ Panca--inipun keduanya tanpa transmisi otomatis. Sementara kita tau, berapa jumlah lineup model Nissan? Jauh lebih banyak. Tapi tetap tidak bisa bicara banyak, minimal sesama keluarganya, Datsun.

"Datsun lebih besar (penjualannya) dari Nissan? Kita bangga dong. Tapi kita tetap harus melihatnya sebagai satu kesatuan dibawah Nissan Motor Corp, dan ini kontribusi untuk mereka," kata Indriani Hadiwidjadja, Head of Datsun Indonesia.

Indri menilai, mengapa Datsun lebih banyak jualannya karena pada dasarnya untuk saat ini, ditengah kondisi pasar yang sedang lesu, Datsun berada di kondisi yang cocok.

"Saat ini mungkin dari sisi perekonomian Datsun lebih terlihat menjanjikan, baik dari spesifikasi, fungsi sampai harganya," tambah Indri. Karenanya, dirinya juga akan terus melakukan improvement terhadap mobil Datsun yang dijual di Indonesia.

Selain menambahkan fitur-fitur baru yang secara fungsi merupakan kebutuhan konsumen, juga jangan lupa, Datsun masih mempersiapkan transmisi otomatis untuk mobil-mobilnya di Indonesia. Kalau ini sudah terjadi, maka perluasan segmen pasar Datsun akan masuk lebih dalam ke perkotaan.

Kedepannya, muncul berbagai prediksi soal skema penjualan Nissan-Datsun di Indonesia. Bisa dengan membagi segmentasi, dimana Nissan mengambil alih segmen menengah ke atas, sementara Datsun fokus menyuguhkan mobil-mobil menengah ke bawah.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa