Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang "Kursi Difabel" Seperti Toyota Sienta Jepang? Bisa!

Advertorial - Jumat, 29 April 2016 | 16:12 WIB
No caption
No credit
No caption

Kelahiran perdana Toyota Sienta di kawasan ASEAN pada gelaran IIMS 2016 lalu langsung mencuri perhatian. Minivan pintu geser terbaru Toyota Astra Motor (TAM) ini menawarkan kebaruan tersendiri untuk sebuah mobil keluarga.

Sebagai sebuah MPV multifungsi, tentu saja kabin Toyota Sienta begitu fleksibel. Tak hanya mengangkut penumpang normal, bahkan untuk penumpang berkebutuhan khusus atau difabel pun bisa diladeni Toyota Sienta.

Apalagi kebutuhan mobilitas untuk orang berkebutuhan khusus tersebut terus meningkat. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, pada 2010 tercatat jumlah penyandang disabilitas mencapai sekira 9.046.000 jiwa dari sekira 237 juta jiwa.

No caption
No credit
No caption
Toyota Sienta Welcab

Namun dari jumlah tersebut, tidak diimbangi dengan ketersediaan fasilitas yang memudahkan bagi para difabel, apalagi untuk urusan mobilitas. Bahkan, tidak semua perusahaan taksi menyediakan mobil untuk penyandang difabilitas.

Di Jepang, Toyota Sienta sudah identik dengan mobil welcab. Dimana kursinya bisa diatur untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang difabel. Namun sayangnya, saat diluncurkan di Indonesia, Toyota sienta tidak menawarkan fitur tersebut.

Di Jepang, ada beberapa konfigurasi kursi untuk difabel pada Toyota Sienta di Jepang. Dengan kemiringan kursi hanya 9,5 derajat, membuat penumpang yang duduk di kursi difabel tetap merasa nyaman. Pergerakan kursi ini bisa dikendalikan sambil duduk diatas kursinya, atau dari pengemudi. 

No caption
No credit
No caption
Kursi khusus pada penumpang depan di kabin Toyota Sienta Welcab

Ada dua tipe yang ditawarkan. Tipe A, dimana terdapat kursi penumpang depan yang bisa berputar menghadap ke samping ketika membuka pintu. Sehingga memudahkan untuk keluar dan masuk kabin.

Sedangkan tipe B lebih lengkap, selain kursi penumpang depan yang bisa berputar menghadap ke samping, dilengkapi juga perangkat penyimpanan kursi roda manual di pintu bagasi.

Tipe B juga memungkinkan untuk mengangkat kursi roda manual hingga 30 kg, dan dengan mudah bisa dibongkar-pasang. 

ilustrasi kursi difabel Toyota Sienta Welcab

Nah, anda yang sudah melakukan pemesanan Toyota Sienta di IIMS 2016 lalu, bisa kok membuat Toyota Sienta jadi versi welcab seperti di Jepang. Ditawarkan pemasangan kursi tipe A (swivel seat) di Toyota Sienta versi Indonesia.

Adalah PT Hidup Berkat Rahmat Anugerah selaku authorized dealer www.autoadapt.com dan www.bruno.com dan www.fiorella.ws dan beberapa manufacturer mobility equipment yang menawarkan modifikasi tersebut. Tertarik? Kontak langsung deh Patricia di nomor 087882192701.

"Pihak kami menyediakan ada tiga jenis Swivel Seat, yakni Swivel, Swivel Out dan Swivel Out Lift Down, bisa diinstal di kursi depan dan kursi tengah," jelas Patricia.

Editor : Advertorial

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa