Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Cara Kepolisian Atur Arus Mobil di Tol Saat Long Weekend

Harryt MR - Rabu, 4 Mei 2016 | 18:58 WIB

Koordinasi pengaturan lalu lintas di tol selama long weekend 5 sampai 8 Mei 2016 dilakukan lintas instansi. Yakni kepolisian, kementerian perhubungan hingga penyedia jasa layanan jalan tol.

“Akan terjadi peningkatan volume pada ruas-ruas penggal Jalan Nasinal dan jalan tol dalam kota yang keluar Jakarta. Peningkatan pengunjung tempat wisata dalam kota dan pusat-pusat perbelanjaan,” ungkap AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya (4/5).

Pengaturan berupa rekayasa lalu lintas di jalan tol akan diberlakukan, caranya dengan membagi berdasarkan kondisi yang diberi istilah kontijensi 1, 2 dan 3 oleh mereka.

Sehingga penanganannya diharapkan tepat arah. Berikut detailnya:
A. Kontijensi 1.(Antrian kendaraan pada gerbang tol atau rest area hingga mencapai 1-5 km).

- Cara bertindak petugas membantu memperlancar proses transaksi pada gerbang tol, buka tutup rest area dan menurunkan tim urai.

B. Kontijensi 2. (Antrian kendaraan menjelang rest area lebih dari 5 km, terjadinya gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lantas, laju kecepatan 0 – 5 km/jam).

- Cara bertindak petugas melakukan kegiatan kontijensi 1, melakukan contra flow dan melakukan buka tutup exit tol.


C.Kontijensi 3. (Kepadatan dalam tol luar biasa atau ruang lalu lintas mengalami over capasity sehingga stagnan)
- Cara bertindak petugas mengalihkan arus kendaraan dari jalan tol keruas jalur arteri.

Pengendalian Angkutan Truk

Upaya mengurangi volume kepadatan mulai tanggal 5 dan 6 Mei 2016 akan diberlakukan pengendalian angkutan truk dan trailer. Hal ini sesuai surat edaran dari Dirjen Perhubungan Darat.

Kemudian mulai tanggal 4 Mei 2016, petugas Polantas telah mulai penempatan. Tujuannya untuk pemantauan dan melakukan kegiatan-kegiatan penjagaan, pengaturan dan lain sebagainya.
    

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa