Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ototips BMW E34ers, Pasang HU Tetap Jaga Orisinalitas

Parwata - Senin, 6 Juni 2016 | 08:30 WIB

Jakarta - Bila ingin memasang aksesori, terutama yang berhubungan dengan in car entertainment seperti pasang HU dan kamera mundur di mobil yang relatif tua. Biasanya harus ada ubahan yang dibuat agar part universal tersebut bisa masuk. Sama halnya dengan BMW Seri 5 dengan kode bodi E34 ini.

“Sebenarnya banyak sih yang ganti player standar dengan HU 1-DIN dengan frame tambahan, tapi jadinya tidak kelihatan seperti aslinya lagi. Kita justru menghindari seperti itu,” jelas Abim, salah satu anggota komunitas E34ers chapter Tangerang. Memang harus memutar kepala agar mobil yang sudah berumur lebih dari 1 dekade, dapat tetap mengikuti tren teknologi terkini.

Akhirnya, penyelesaian menggunakan monitor mirror alias yang ditempelkan di spion tengah pun digunakan. “Pakai ini jadi tidak perlu mengubah interior sama sekali, pemasangannya juga plug and play.

Yang paling menarik sebenarnya harganya, karena dengan kamera mundur saja, biasanya hanya sekitar Rp 1,5 juta totalnya,” tambah pengemudi E34 kelir merah tersebut. Berikut pemasangan agar kabin tetap terlihat seorisinal mungkin.

1. Yang dibutuhkan hanya spion tengah dengan monitor yang biasanya dijual di toko elektronik maupun variasi, kamera mundur dan teknisi yang cukup mengerti soal pemasangan kabel agar tidak terjadi korsleting setelah pemasangan.

2. Setelah monitor spion dipasang di spion tengah asli, kabel dari spion baru tersebut disembunyikan lewat plafon yang ditarik hingga ke pilar A kiri, ke bawah laci, hingga ke belakang HU standar. “Sambungkan kabel power-nya ke power HU asli, agar mendapat sumber aki yang sama,” tambah Abim.

3. Untuk kabel kamera, sambungkan ke input AV spion, lalu sembunyikan kabelnya lewat plafon, ke pilar A, lalu masukkan ke jalur bawah hingga ke balik jok belakang. Jangan lupa untuk menyambungkan kabel power kamera ke lampu belakang, agar aktif saat transmisi dimasukkan ke R

4. ‘et Voila!’ tampilan kabin pun tetap terlihat standar, tanpa perlu frame tambahan, tanpa ada kabel berserakan

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa