Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Yang Baru Pada Mesin i-get Vespa dan Piaggio

Dimas Pradopo - Rabu, 25 Mei 2016 | 18:46 WIB
Tampilan mesin berteknologi I-Get pada Vespa GTS 150
Salim
Tampilan mesin berteknologi I-Get pada Vespa GTS 150

Jakarta - Teknologi i-get jadi mesin baru untuk empat motor yang dirilis PT Piaggio Indonesia (PID) hari ini (25/5) di Gandaria City, Jaksel. Italian Green Experience Technology atau i-get ini bisa ditemui pada Vespa Sprint, Primavera, Piaggio Liberty 150 ABS S dan Piaggio Medley 150 ABS S.

i-get diklaim membuat sepeda motor jadi lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan tapi tetap memiliki performa yang baik. Kedepannya semua line up Piaggio dan Vespa akan mengusung teknologi ini. Sebagai tahap awal, empat model terbaru yang dirilis bersamaan sudah dilabeli i-get. “Basiknya masih menggunakan mesin 3V, tapi dengan berbagai pengembangan terbaru,” jelas Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID.

Pembakaran disempurnakan lewat injeksi dengan input data yang lebih baik. Sistem close loop-nya kini menggunakan O2 sensor dari Bosch dan ada tambahan barometric sensor. “Fungsinya memberikan data lebih detail tentang temperatur dan kondisi lingkungan lainnya di sekitar mesin,” jelasnya.

(BACA JUGA: Begini Cara Mengetahui Knalpot Akrapovic Asli Atau Aspal)

“Kemudian injektornya punya semprotan luar biasa halus,” tutur pria yang akrab disapa Yudi ini. Di ruang bakar, piston digerakan oleh crankshaft yang didesain untuk mendapatkan performa yang lebih minim getaran dan mengurangi noise.

“Yang lama menyerupai segitiga, sekarang sekilas seperti bulat tapi tidak benar-benar bulat. Mampu menerima gaya inersia dengan lebih baik, getaran jadi lebih kecil. Versi sebelumnya bukan tidak ada kelebihannya, tapi kami mengubah desain untuk memperoleh hasil ‘green’ sesuai konsep i-get,” jelasnya panjang lebar. 

Desain knalpotnya juga berubah, suaranya pun makin halus. Pada Piaggio Liberty terbaru silencer-nya lebih panjang wajar jika makin senyap. Catalytic converter sesuai standarisasi Euro 3 juga terpasang rapi di dalamnya.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa