Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

RPM 2.000, Kunci Hemat BBM Honda BR-V

Bagja - Rabu, 8 Juni 2016 | 16:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Jelang libur lebaran, seberapa irit konsumsi bahan bakar sebuah mobil tentu jadi pertimbangan tersendiri. Asiknya kalau mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur ECO.

Honda BR-V salah satunya. Kalau cukup jeli, crossover andalan Honda ini sudah disematkan fitur ECO indikator pada Multi Information Display (MID). Indikator tersebut bisa menyala kalau cara mengemudi kita dianggap hemat BBM.

Tapi bagaimana bisa tau? Cara yang paling umum, pastinya tidak langsung membejek pedal gas, artinya akselarasi mobil harus sehalus mungkin. Dengan begitu, lampu indikator ECO akan menyala hijau, artinya berkendara hemat BBM.

ECO Indikator Honda BR-V bisa menyala saat putaran mesin dibawah RPM 2.000, meski mobil melaju cukup kencang

Salah satu cara kerja indikator ECO pada Honda BR-V, sensornya ada pada putaran mesin. Dipatok untuk terus menyala ketika putaran mesin dibawah RPM 2.000, terlepas dari berapapun kecepatan mobil yang bisa digapai pada RPM tersebut.

Jadi tidak selalu saat berjalan perlahan indikator ECO tersebut akan menyala, karena kalau ternyata putaran mesinnya diatas RPM 2.000 maka lampu akan mati.

Begitu juga saat melaju kencang, misalnya diatas kecepatan 100 Kpj. Selama putaran mesin bisa dijaga dibawah 2.000 RPM, mau ngebut sekalipun, lampu indikator akan menyala hijau, artinya hemat bahan bakar.

Seberapa irit BBM saat indikator menyala? Relatif sih. Namun kalau melihat pada data yang tertera pada MID rata-rata minimal bisa diatas 15 kpl. Lumayan kan?

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa