Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Untuk Apa Indonesia Punya Institut Otomotif?

Bagja - Rabu, 22 Juni 2016 | 09:14 WIB

Jakarta - Institut Otomotif Indonesia (IOI). Wah, apa itu? Sekolahan baru khusus otomotif? Apa bedanya dengan Sekolah teknik atau kejuruan bidang otomotif misalnya? Ya sederhananya bisa dibilang mirip sekolahan, tapi tetap beda.

IOI berdiri sejak Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2016 lalu. Sekilas tujuannya, diharapkan bisa menjadi wadah untuk memajukan industri otomotif nasional di masa mendatang. 'Menyekolahkan' dan memberikan sertifikasi khusus untuk industri otomotif nasional.

Tak hanya untuk produknya, tapi juga sumber daya manusianya, juga bertujuan menggodok ide-ide seputaran otomotif untuk kemudian memberikan rekomendasi pada pemerintah agar menjadi sebuah regulasi.

Berbincang dengan sang Presiden IOI,  I Made Dana Tangkas, mengemukakan, agar industri otomotif nasional jadi jauh lebih maju juga lebih mandiri, diperlukan sebuah wadah khusus yang mengurus dan memikirkan bagamana semuanya jadi lebih baik.

"Ke depan industri otomotif Indonesia masih akan terus berkembang. Termasuk soal volume produksi. Kalau tidak diantisipasi, kita bisa terus tertinggal dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Untuk awal, kita fokus pada SDM dulu," ujarnya.

Dirinya mencontohkan, saat ini dengan volume produksi mobil yang sudah menyentuh angka 1 juta unit sudah membutuhkan tenaga kerja lebih 1,3 juta orang. "Bisa dibayangkan kalau secara volume terus bertambah, kita bisa membutuhkan dua sampai tiga kali lipat tenaga kerja. Nah, siapa yang mengurus standar keahliannya? Ya itu kami (IOI)". bebernya.

Layaknya sebuah kampus, IOI akan membuat standar khusus dalam hal keahlian dibidang otomotif, yang nantinya dalam wujud sertifikasi yang punya standar kualitas global. "Sehingga perusahaan besar, menengah, maupun kecil diharapkan bisa kita beri standar, untuk meningkatkan kualitas mereka pada akhirnya," tambah Made lagi.

Sertifikasi tersebut juga bakal berlaku untuk tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Indonesia. Harus sudah tersertifikasi dari IOI, agar sesuai dengan kebutuhan dan standar kualitas industri di Indonesia.

sampai disini, sebenarnya sudah bisa terbayang untuk apa IOI didirikan. Pertama untuk memberikan standar kualitas SDM di bidang otomotif yang berkaitan langsung dengan pengembangan dan manufacturing produk dan kedua membuat regulasi-regulasi seputaran otomotif di Tanah Air, baik industri, infrastruktur sampai perpajakan, dan sebagainya.

Efek akhirnya, dengan SDM yang lebih berkualitas, maka meski volume produksi terus membesar, kualitas produk yang dihasilkan pun akan semakin baik.

Next: Peluang Bisnis Besar Terpendam Di Dalam IOI

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa