Info Jalur Alternatif Mudik, Tak Perlu Terpaku pada Ruas Tol

Rabu, 29 Juni 2016 | 10:58 WIB

Jakarta - Menuju Jawa Tengah setelah lewat tol Jakarta- Cikampek, terdapat empat rute pilihan. Pertama, lanjut ke jalan tol Cikopo- Palimanan (Cipali) dan diteruskan ke tol Palimanan-Kanci (Palikanci) dengan total panjang 142 km dan waktu tempuh 1,5 jam. Kemudian lanjut ke tol Pejagan-Brebes Timur.

Alternatif kedua, melalui jalur utara yaitu dari Cikampek lewat Pamanukan-Jatibarang-Palimanan- Cirebon dengan panjang total (dari Jakarta) mencapai 217 km dan dapat ditempuh sekitar 4 jam perjalanan apabila dalam kondisi lancar.

Alternatif ketiga, melalui jalur tengah yaitu tol Cipularang keluar di Gerbang Tol (GT) Sadang, kemudian melalui Subang-Cikamurang- Kadipaten-Palimanan-Cirebon dengan panjang total 227 km, waktu tempuh sekitar 5 jam apabila dalam kondisi lancar.

Terakhir, jalur alternatif keempat melalui jalur selatan yaitu dari Dawuan masuk Cipularang keluar di Cileunyi-Sumedang-Kadipaten- Palimanan-Cirebon dengan panjang 251 km dan waktu tempuh sekitar 5 jam apabila dalam kondisi lancar.

Apabila terjadi antrean di GT Cikopo dan ekor antrean mencapai GT Cikampek. Seperti tahun lalu, maka disiapkan rekayasa lalin, GT Cikampek arah Jakarta akan ditutup dan arus kendaraan menuju Jakarta akan diarahkan melalui GT Kalhurip Selatan (Via Kota Bukit Indah).

Sedangkan arus kendaraan menuju Palimanan (melalui ruas Tol Cikapali) akan diarahkan melalui jalur arteri Pantura.

Selain itu bisa juga memanfaatkan rute jalur alternatif non tol. Nah sebagai panduan lihat peta info jalur alternatif mudik ke Jawa Tengah.

 

Jalur Alternatif Dari Jabodetabek

Editor : Harryt MR

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA