Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlakuan Mobil Pasca Banjir, Keringkan Bagian Kelistrikan

Octa Saputra - Selasa, 30 Agustus 2016 | 13:24 WIB

Jakarta - Kemang, Jaksel terendam banjir. Berita paling banyak menarik perhatian khususnya warga Jakarta. Pasalnya itu merupakan salah satu kawasan elit di ibukota, tapi kebanjiran!

Kendaraan Anda jadi salah satu korban di Kemang? Dalam kondisi seperti ini, sudah pasti perangkat elektronik yang paling rentan rusak. Pasalnya saat aki yang terendam air akan membuat hubungan arus pendek pada kontak dan relay. ECU yang berarus listrik lemah, juga akan mengalami korsleting.

Resiko lainnya adalah karat yang terjadi pada komponen dalam ECU. Terkadang pemilik kendaraan lebih sering memikirkan interior seperti jok yang lebih dulu dikeringkan, namun ECU suka terlewat. Padahal, walau hanya terendam air selama beberapa jam, ketika tidak cepat diatasi, jeroan ECU bakal rusak karena karat.

Nah perlakuan pasca banjir, ECU harus dikeringkan dari air. Namun mesti ingat-ingat lokasinya. Pada kendaraan baru, biasanya ada di balik dasbor, sisi kiri. Walau ada juga yang masih terletak di dalam ruang mesin, biasanya dekat dengan aki.

Caranya bisa dengan menjemur di terik matahari dan juga menyemprot bagian soketnya dengan angin bertekanan tinggi (kompresor). 

Semprot-semprot dengan angin dari kompresor juga kudu dilakukan pada soket, terminal, relay, sakelar dan bagian lain yang berkaitan dengan kelistrikan.

Setelah air terusir dari bagian-bagian tersebut, jangan lupa semprotkan cairan penetran seperti produk Wealthy Magic Spray 9 in 1. 

Editor : Octa Saputra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa