Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Canggih! Teknologi Artificial Intelligence Kawasaki Bikin Motor Tahu Kemauan Pengendaranya!

Kamis, 24 November 2016 | 06:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Sejak bulan Agustus lalu, Kawasaki gencar mempromosikan konsep teknologi terbaru mereka yang dinamakan The "Rideology" A.I (Artificial Intelligence). A.I atau Kecerdasan Buatan merupakan sistem komunikasi yang memungkinkan pengendara berinteraksi dengan sepeda motornya. Kawasaki memang baru memasuki tahap awal pengembangan proyek ini, namun pabrikan "geng hijau" sudah menginformasikan kepada khalayak bagaimana sistem tersebut berkerja, melalui sebuah tayangan video yang diunggah pada 22 November 2016.

Dalam video berdurasi sekitar 2 menit itu, dijelaskan bagaimana A.I berkomunikasi secara lisan dengan pengendaranya. Ia memberikan informasi mengenai pola cuaca, termasuk potensi bahaya yang kemungkinan terjadi beberapa meter di depan pengendaranya.

Tak hanya itu, A.I juga paham betul dengan keinginan pengendaranya. Contohnya dalam sebuah frame, diceritakan pengendara yang berkata kepada A.I bahwa ia tidak menyukai kondisi lalu lintas kota yang macet. Secara cerdas, kemudian A.I langsung meresponnya.

Caranya dengan mendeteksi sinyal waktu lampu lalu lintas, dan bergegas memberitahu pengendaranya agar sedikit memperlambat kendaraan supaya tiba di persimpangan tepat ketika lampu sudah berwarna hijau. Selain itu, A.I juga bisa memberitahu kepada pengendaranya tentang kapan waktu yang tepat untuk menggunakan riding mode Comfort, Sport, Sport +, dan Rain.

Kawasaki sendiri bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi, Softbank untuk mengembangkan teknologi ini. Sistem Rideology Kawasaki menggabungkan kemampuan A.I dengan Internet Communications Technology (ICT) agar bisa berinteraksi dengan pengendara dan lingkungan sekitarnya. Kawasaki mengklaim A.I-nya akan memiliki kepribadian yang didapat dari cara belajar kepada pengendara, tentang gaya berkendara dan kecenderungannya.

Wah, keren ya. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa