Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Do and Don’t Perawatan Cat Dof, Perlu Ekstra Perhatian

Jumat, 13 Januari 2017 | 23:46 WIB

Jakarta - Cat matte atau dof sedang jadi tren. Hampir semua pabrikan punya line up dengan warna yang enggak mengkilap ini. Namun, dibalik tampilan keren dan maskulinnya, enggak bisa asal dalam perawatan.

“Perawatan untuk cat matte ini minim sekali, berbeda jauh daripada cat glossy karena tidak perlu ada poles–poles atau wax. Tapi harus ekstra hati–hati merawatnya,” wanti Reza Pahlavi Partana, owner Restomax Moto Detailing.

Lalu apa yang boleh dilakukan dan sebaiknya dihindari dalam perawatan cat dof? Lanjut bacanya ya! • (Fariz / Otomotifnet.com)

Do

Pertama harus diperhatikan adalah saat melakukan pencucian. “Sama seperti mencuci motor pada umumnya, mulai dari bagian bawah baru naik ke atas. Bedakan juga sponge-nya, makanya ada 2 ember berbeda. Satu untuk bagian bawah dan satu untuk bagian bodi, kalau bisa pakai yang microfiber,” buka Joddy Ario dari JDM Project.

Frekuensi mencucinya sebaiknya lebih sering agar tidak terjadi penumpukan kotoran. “Selalu gunakan air bersih yang tidak mengandung alkali dan sabun khusus untuk cat matte, dimana sabunnya tidak mengandung silicone dan prewax,” ujar Probo Gozali owner Motor Bridal.

Selanjutnya kalau habis melibas hujan, sampai di rumah langsung guyur dengan air bersih dan keringkan dengan chamois, ini untuk menghindari bercak air di bodi. “Apalagi kalau sampai ada bensin kena bodi ketika pengisian, harus buru-buru dibasuh air lalu dilap biar tidak berbekas dan kusam,” Lanjut Reza.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah saat proses pengeringan, pastikan tidak ada air yang tertinggal di bodi agar tidak ada bercak air dan warna kusam, “Dalam proses pengeringan ini sebaiknya gunakan kain watermagnet atau kompresor angin untuk menyemprot area sempit,” lanjutnya.

Don’t

Lalu apa yang sebaiknya dihindari? “Tentunya jangan parkir di bawah terik matahari apalagi dalam kurun waktu yang lama nantinya akan membuat warna jadi belel. Usahakan cari tempat teduh,” wanti Joddy. Ketika mencuci juga tidak bisa pakai sembarang sabun, bisa-bisa bukannya membuat cat bagus tapi malah merusaknya.

“Harus pakai sabun khusus untuk cat matte karena sabun untuk bodi glossy mengandung minyak dan wax. Kalau tidak punya lebih baik tidak usah pakai sabun,” ucap Reza yang membuat sendiri sabun khusus untuk cat dof ini di Restomax.

Lalu yang paling harus dihindari juga adalah penggunaan bahan-bahan yang tidak tepat, “Seperti sabun cuci piring, sabun untuk cat metalik meskipun itu bermerek, penggunaan wax dan oil yang tidak tepat,” saran Probo.

The best protection untuk cat matte dengan melakukan sealant coat atau ceramic coat sedini mungkin untuk meminimalisir kerusakan pada cat seperti bercak air dan color distortion. Cat dof ini juga tidak bisa dikompon karena menyebabkan color distortion yang parah,” wantinya.

JDM Project 087886938456
Restomax Moto Detailing 08111122233
Motor Bridal Auto Detailing 08159250495

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa