Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Baru Di Bawah Rp 100 Juta, Masih Ada Enggak Sih?

Fransiscus Rosano - Senin, 20 Maret 2017 | 12:34 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Masih ingat momen-momen ketika sebuah Daihatsu Xenia bisa anda peroleh dengan budget di bawah Rp 70 juta, dan Toyota Avanza dengan harga Rp 90 jutaan? Ah, betapa sudah lamanya waktu tersebut berlalu.

Kini berkat inflasi dan hal-hal complicated lainnya soal ekonomi dunia, membeli sebuah low MPV, yang tadinya dikenal sebagai kasta paling dasar di pasar mobil Indonesia, dengan harga Rp 230 jutaan terasa biasa saja. Karena itu, city hatchback dan bahkan LCGC (Low Cost Green Car) diperkenalkan, untuk menjaga agar mobil bukan hanya ‘mainan’ kalangan the have saja.

Lalu, masih adakah kini mobil baru dengan harga di bawah Rp 100 juta?

Bukan, kami bukan membicarakan harga mobil baru yang telah didiskon seperti promo Proton Saga menjadi Rp 85 juta ini. Yup, ini harga mobil yang harga price list-nya masih benar-benar di bawah Rp 100 juta dan kami hanya membicarakan mobil penumpang, bukan mobil komersial.

Kagetkah anda kalau kami katakan hanya ada dua mobil penumpang yang masih punya banderol di bawah the magic number tersebut?

Hanya dua. Just two. Dan sesuai dugaan, keduanya adalah LCGC.

No caption
No credit
No caption
Ilustrasi Daihatsu Ayla 2013

Yang pertama adalah Daihatsu Ayla, itupun hanya satu varian Ayla yang di bawah Rp 100 juta, tepatnya Ayla D MT MI,
Dengan harga Rp 91,25 juta on the road Jabodetabek, apa saja yang didapat?

Yang jelas, AC dan electric power steering yang jadi dua komponen penunjang kenyamanan ketika anda menjelajah kota yang panas dan selalu macet seperti Jakarta tidak tersedia di sini. Mau dengarkan lagu? Tidak bisa, tidak ada head unit dan speaker.

Bergaya pun sulit, mengingat hanya digunakan pelek kaleng 13 inci dan spion dengan pengaturan full manual. Well paling tidak, anda masih mendapatkan kendaraan untuk mengantar 5 penumpang tanpa kehujanan dengan mesin 1KR-DE berkapasitas 998 cc dengan tenaga 64 dk dan transmisi 5-percepatannya.

Apalagi?

Ilustrasi Datsun GO+

Yang kedua, ada Datsun GO+ Panca, juga hanya tinggal satu varian dengan banderol di bawah Rp 100 juta yaitu Datsun GO+ D di harga Rp 98,7 juta.

Yang didapat? Juga sama, tanpa AC, tanpa head unit, tanpa speaker dan tanpa electric power steering. Hanya saja Datsun menyediakan dua esktra jok lagi di belakang untuk tambahan dua anak kecil, pun pula fitur seperti MID, takometer digital dan airbag di sisi pengemudi.

Sudah? Yup, karena LCGC lainnya seperti Toyota Agya, Suzuki Karimun Wagon R, Honda Brio Satya dan Datsun GO Panca versi pendek, semuanya sudah di atas Rp 100 juta.

Bila anda memiliki budget Rp 100 juta, apakah akan memilih kedua mobil tadi atau akan berpaling ke mobil bekas? Tulis pada kolom komentar di bawah ya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa