Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Balap Yamaha YZF-R25, Raih Podium Pakai Fairing Baru

Minggu, 14 Mei 2017 | 15:54 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Meski hanya podium dua di Yamaha Sunday Race (YSR) seri 1 di sirkuit Sentul, Bogor  (22/4), Jimmy Courtney pembalap dari tim Barnshop sukses raih best time di kelas Community A  dengan catatan waktu 1 menit 52,023 detik.  

Wow, lumayan nih untuk ukuran bukan pembalap profesional dengan persiapan minim. “Latihanya  dikejar waktu, jadinya masih belum dapet seting terbaik,” buka Jimmy.

RB. Ariengudi bos Barnshop menjelaskan jika tahun ini, timnya turun pakai mesin baru, bodi motornya juga baru jadi butuh seting lagi. Loh, cover bodi baru kok mempengaruhi setingan mesin?

Ternyata tahun lalu masih pakai fairing standar, sedang tahun ini pakai fairing fiber khusus balap persis yang dipakai Emanuel Pratna dan Galang Hendra Pratama dari tim Yamaha Indonesia  yang turun di AP250 Asia Road Race Championship (ARRC).

Fairing ini selain lebih enteng, juga dilengkapi lubang air duck di bagian kiri depan.  “Lubang air duck ini kita arahkan ke boks filter, agar pasokan udara yang masuk bisa jadi  lebih deras. Hal ini mengharuskan setingan mesin baru,” jelas mantan akuntan perpajakan yang  kini jadi mekanik ini. 

Dengan suplai udara yang makin deras, mesin harus porting ulang dan diukur pakai flowbench. “Kita lakukan juga papas head 0,6 mm untuk naikin kompresinya jadi 12,5:1,” beber penghobi  motor dari zaman SMP ini.

Sedang buka tutup klep, diatur ulang pakai noken as baru yang durasinya in 240º dan ex 242º  dengan lift 8,2 mm.

“Menyesuaikan trek Sentul yang rata-rata rolling speed,” bebernya sambil  menjelaskan diameter payung klep juga ganti, diameter in 23,5 mm dan ex 20,5 mm. 

Urusan ECU, aRacer RC2 digunakan, setingan air fuel ratio diseting 12,1 sampai 12,8:1.  Hasilnya, belum memuaskan meski sudah mampu berdiri di atas podium. Seri depan gas pol lagi  bro!   (Sigit / otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Noken as : Custom
Per klep: Standar
Piston : Standar
Radiator : Bpro
Gas spontan n switch : Yamaha Xabre
Master rem depan : Nissin ZX-6R
Kaliper rem depan : Brembo M4
Selang rem : Hell
Ecu : aRacer RC2
Kampas kopling : Daytona
Busi : Daytona Doubel Iridium
Final gear : 16-53 Daytona 
Rantai : DID 415
Ban depan : Pirelli SC1 110/70/r17
Ban belakang : Pirelli SC2 150/60/r17
Shokbreker belakang : Traxxion D
Knalpot : Phoenix Project
Barnshop : 021-8603617

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa