Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

500 SMK di Indonesia Buka Kelas Khusus Sepeda Motor Yamaha

Dimas Pradopo - Rabu, 20 Agustus 2014 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption


Bogor - Setelah sukses mentransfer pendidikan lewat sekolah mekanik Yamaha Enginering School (YES), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing melebarkan sayap edukasinya, kini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jadi sasaran. Totalnya sudah ada lebih dari 500 sekolah di seluruh Indonesa yang membuka kelas khusus sepeda motor Yamaha.

"Saat ini kami melihat ada gap antara dunia kerja dengan pendidikan. Ada SMK yang alat prakteknya masih motor tua, padahal sekarang sudah eranya fuel injection. Materi yang diberikan di sekolah juga sudah terlalu tertinggal, makanya kami bekerja sama dengan dunia pendidikan untuk memperpendek jarak," buka M. Abidin, GM Service & Motorsport Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pada program ini, Yamaha Indonesia memberikan kurikulum, sarana dan prasana teknologi otomotif kepada sekolah SMK untuk diajarkan kepada siswa-siswi kelas khusus Yamaha. "Alat prakteknya sesuai standar kita dengan tenaga pengajar yang sudah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi dari pihak Yamaha," jelas Abidin.

Sebelum mengajarkan kurikulum Yamaha, guru yang akan mengajar sudah diberikan sertifikasi terlebih dahulu sehingga menguasai materi teknologi sepeda motor terkini.

"Setelah lulus dari kelas khusus Yamaha, murid-murid SMK sudah memiliki kemampuan setara dengan teknisi resmi Yamaha tingkat bronze, jadi saat masuk ke bengkel resmi mereka tidak perlu di training lagi. Skill-nya sudah setara," beber Abidin ketika ditemui di sela Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2014 (19/8).

Gelar Kontes Keterampilan SMK
Bersamaan dengan kontes Indonesia Technician Grand Prix (ITGP), untuk pertama kalinya, Yamaha juga menggelar “National SMK Contest”. Ada 28 SMK dari seluruh Indonesia telah terpilih untuk mengikuti kontes ini. Mereka berlomba dalam 2 fase, yaitu tes teori dan measurement teknologi Fuel Injection.

Hasilnya, juara pertama diraih Hery Purnawan dari SMK Palapa Semarang, Jawa Tengah. Di posisi kedua ada Dwi Restu Prayogi asal SMK Bunda Satria Wangon Banyumas, Jawa Tengah. Dan di posisi ketiga direbut Rohma Doni asal SMK Kartanegara, Kediri Jawa Timur. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa